RENCANA KERJA MADRASAH
RENCANA
KERJA
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
KEMENTERIAN AGAMA
MADRASAH ALIYAH NEGERI
KALIMUKTI
KABUPATEN CIREBON
Pondok Pesantren An-Nashuha Kalimukti
Pabedilan Kab. Cirebon 45193
Telp. (0231) 8665263 Fax. 8665335
e-mail : man.kalimukti@yahoo.com
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT, sholawat dan salam semoga tetap
tercurahkan kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat,
dan seluruh ummatnya. Amin
Penyusunan program kerja bagi sebuah organisasi merupakan sebuah
keharusan. Hal itu dimaksudkan untuk memudahkan pencapaian tujuan dari
organisasi tersebut. Sebuah organisasi yang tidak memiliki program kerja akan
sangat kesulitan dalam melaksanan kegiatan-kegiatan yang menunjang pencapaian
tujuannya.
Berawal dari hal itu, maka MAN Kalimukti Kab. Cirebon yang
merupakan organisasi yang mengemban tujuan besar dalam dunia pendidikan tidak
lepas dari keharusan tersebut. Dalam pelaksanaannya, MAN Kalimukti Kab. Cirebon
menyusun program kerja jangka panjang (8 tahunan), jangka menengah (4 tahunan)
dan jangka pendek (tahunan).
Ketiga program kerja tersebut disusun secara berkesinambungan dan
terpadu. Sehingga memudahkan bagi semua komponen madrasah untuk
melaksanakannya. Dalam tujuan yang lebih lanjut, program-program kerja tersebut
disusun sebagai acuan bagi komponen-komponen madrasah di bawahnya untuk
menyusun program kerjanya masing-masing.
Semoga program kerja ini bisa menjadi penunjang terciptanya tujuan
pembelajaran dan pendidikan di MAN Kalimukti Kab. Cirebon. Segala kritik dan
saran konstruktif tetap kami harapkan dari semua pihak dan stake holder
MAN Kalimukti Kab. Cirebon demi perbaikan di masa mendatang.
Akhirnya, ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang
mendukung pelaksanaan dan realisasi program-program kerja tersebut.
Kalimukti, Juli 2014
Kepala MAN Kalimukti Kab. Cirebon
Drs. H. Usamah Manshur, M.Pd.I.
NIP. 19591210 198303 1 005
KATA
PENGANTAR ________________________________________ ____ i
DAFTAR
ISI _______________________________________________ ___ ii
BAB I PENDAHULUAN________________________________________ 1
A. Latar
Belakang_______________________________________ 1
B. Dasar______________________________________________ 2
C. Maksud
dan Tujuan___________________________________ 3
D. Ruang
Lingkup______________________________________ 4
E. Sasaran____________________________________________ 4
F. Sistematika
Penyusunan_______________________________ 5
BAB II VISI, MISI, DAN TUJUAN_________________________________ 6
A. Visi________________________________________________ 6
B. Misi________________________________________________ 6
C. Tujuan_____________________________________________ 6
BAB III
EVALUASI PELAKSANAAN TAHUN LALU__________________ 7
A. Gambaran
Umum Pelaksanaan Program Kerja Tahun Lalu____ 7
B. Hambatan-hambatan__________________________________ 7
C. Solusi_____________________________________________ 10
BAB IV RINCIAN RENCANA KERJA______________________________ 12
A. Uraian
Rencana Kerja_________________________________ 12
B. Deskripsi
Tugas Pengelola Madrasah____________________ 22
BAB V PENUTUP____________________________________________ 27
LAMPIRAN-LAMPIRAN__________________________________________ 28
Profil
Madrasah
Struktur
Organisasi Madrasah
Pembagian
Tugas
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Mencermati tujuan Pendidikan Nasional yang termuat dalam
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional,
dan memperhatikan pula tentang Rencana Strategis (Renstra) Pembangunan
Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon yang menempatkan program pendidikan di
urutan pertama, maka setiap lulusan MAN Kalimukti diharapkan menjadi manusia
yang cerdas dan berakhlak mulia, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada
Allah SWT, berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, serta
sehat jasmani dan rohani. Disamping itu lulusan MAN Kalimukti diharapkan memiliki
rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap nusa dan bangsa.
Tujuan ini merupakan dambaan setiap warga negara Indonesia pada
umumnya, maupun masyarakat Cirebon pada khususnya. Meskipun harapan dan dambaan
ini masih jauh, namun demikian upaya-upaya mencapai tujuan tersebut harus
selalu berjalan terus. Di sisi lain tuntutan globalisasi membawa kita memasuki
arus persaingan yang ketat untuk memasuki bursa kerja. Sementara itu, lulusan
MAN Kalimukti juga diharapkan melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih
tinggi, namun karena berbagai permasalahan, banyak yang tidak bisa melanjutkan
ke perguruan tinggi sebagaimana mestinya. Sedangkan bila akan memasuki bursa
kerja bekal keterampilan hidup yang dimiliki masih sangat kurang. Akibatnya
lulusan MAN Kalimukti serba canggung, artinya ingin melanjutkan ke pendidikan
tinggi mengalami kendala pembiayaan, sedangkan bila memasuki bursa kerja bekal
ketarampilan yang dimiliki belum cukup memadai.
Kondisi ini memerlukan perhatian kita bersama dan tidak dapat
dibiarkan terjadi dari tahun ke tahun. Atas dasar inilah setiap madrasah berkewajiban
menyusun program kerja tahunan yang mampu menjawab tantangan global, maupun
dalam mewujudkan dambaan masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat
sekitar kita pada khususnya. Oleh karena itu, program kerja tahunan ini
diharapkan mampu mengakomodasi berbagai kepentingan siswa yang ingin
melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, maupun bagi siswa yang
akan memasuki dunia pekerjaan.
MAN Kalimukti pada tahun pelajaran 2014/2015 kembali menyusun
program kerja tahunan. Dengan harapan mampu menjawab tantangan yang selalu
timbul di dunia pendidikan saat ini maupun masa datang. Program yang disusun di
samping program yang bersifat rutin juga mencantumkan program peningkatan mutu
akademis dan peningkatan mutu pembekalan kecakapan vokasional. Dengan harapan
agar setiap lulusan MAN Kalimukti
percaya diri dalam mengikuti seleksi di perguruan tinggi, maupun
bersaing dalam memasuki dunia kerja.
Agar program kerja tahunan ini dapat berjalan sesuai dengan
harapan, sudah semestinya memerlukan dukungan dari segenap stakeholdermadrasah.
Dukungan ini diwujudkan ke dalam suatu team
work yang solid. Suatu team work yang solid harus dilandasi
dengan sikap saling asih, asah, dan asuh serta saling percaya akan kelebihan masing-masing,
serta memahami kekurangan yang dimiliki dari masing-masing individu.
Program kerja ini dapat dilaksanakan secara fleksibel, luwes, dan
supel tetapi bukan berarti dapat dengan mudah untuk diubah. Untuk itulah maka
dalam program kerja ini perlu diadakan evaluasi dan monitoring secara
berjenjang, berkala, dan berkelanjutan yang dilakukan pada awal, proses, dan
akhir kegiatan.
B. Dasar
Program kerja Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kalimukti Kab.
CirebonTahun Pelajaran 2014/2015 ini disusun regulasi-regulasi sebagai berikut.
1. Pedoman
umum penyelenggaraan administrasi madrasah yang dikeluarkan oleh Kementerian
Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
2. Kalender
Pendidikan Madrasah (RA, MI, MTs, MA, dan MAK)
Di lingkungan pembinaan Kantor
Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Tahun Pelajaran 2014/2015.
3. Keputusan Musyawarah dalam rapat dinas Kepala
Madrasah, Kep. Tata Usaha, Wakil Kepala Madrasah, dan Badan Pengurus Komite Madrasah tanggal 16
Juni 2013.
C. Maksud
dan Tujuan
Berikut ini adalah maksud dan tujuan disusunnya Program Kerja MAN
Kalimukti Kab. Cirebon Tahun Pelajaran 2014/2015.
1. Maksud
a. Sebagai
pedoman kerja bagi semua unsur yang terlibat dalam pengelolaan pendidikan
di lingkungan MAN Kalimukti Kab. Cirebon.
b. Sebagai
dasar pertanggjawaban atas penyelenggaraan seluruh kegiatan yang sedang
dan atau telah dilaksanakan.
c. Sebagai
dasar melaksanakan evaluasi terhadap penyelenggaraan kegiatan pendidikan selama
satu tahun pelajaran.
2. Tujuan
a. Tujuan
Umum
1) Memberikan
gambaran secara menyeluruh tentang bidang kegiatan yang akan diselenggarakan
selama Tahun Pelajaran 2014/2015.
2) Memberikan
gambaran tentang rincian kegiatan yang akan dilaksanakan selama Tahun Pelajaran
2014/2015.
3) Untuk
memperoleh gambaran pemerataan pekerjaan dan kegiatan yang disesuaikan dengan
tingkat kebutuhan/skala prioritas.
4) Agar
diperoleh penyelenggaraan kerja yang berjenjang, terprogram, berdaya guna, dan
berhasil guna.
b. Tujuan
Khusus
1) Terselenggaranya
kegiatan yang bisa menunjang proses belajar mengajar secara optimal baik yang
bersifat rutin atau insidentil selama Tahun Pelajaran 2014/2015.
2) Dapat
dimulainya secara baik semua kegiatan pada awal, pertengahan, dan akhir Tahun
Pelajaran 2014/2015.
3) Terselnggaranya
kegiatan-kegiatan khusus yang secara langsung atau tidak langsung ikut
menunjang proses belajar mengajar Tahun Pelajaran 2014/2015.
D. Ruang
Lingkup
Program kerja MAN Kalimukti Kab. Cirebon Tahun Pelajaran 2014/2015
meliputi bidang-bidang sebagai berikut.
1. Manajemen/Kepala
Madrasah
2. Ketatausahaan
Madrasah
3. Kurikulum
4. Kesiswaan
5. Sarana
dan Prasarana
6. Hubungan
Masyarakat (HUMAS)
7. Bimbingan
Konseling (BK)
8. Program
Unggulan
Semua kegiatan yang ada pada bidang-bidang ini diprogramkan dalam
suatu rencana yang terarah dan terjadwal sehingga dapat diupayakan penyelesaian
semua program menurut jadwal yang di tetapkan dengan hasil maksimal.Dalam penjadwalan program
kegiatan dibagi atas tiga tahap, yaitu sebagai berikut.
1. Tahap
awal, memulai tahun pelajaran dan pembuatan program kerja.
2. Tahap
inti, selama berlangsungnya tahun pelajaran dan pelaksanaan program kerja
3. Tahap
akhir, menjelang tahun pelajaran dan
evaluasi dan pelaksanaan tindak lanjut hasil evaluasi pelaksanaan program
kerja.
E. Sasaran
Sasaran dari penyusunan rencana kerja MAN Kalimukti Kab. Cirebon
Tahun Pelajaran 2014/2015 ini bisa dikategorikan ke dalam dua jenis sasaran,
yaitu sasaran umum dan sasaran khusus sebagai berikut.
1. Sasaran
Umum
Terselenggaranya proses belajar mengajar yang baik dan lancar,
untuk mencapai mutu pendidikan yang diharapkan sesuai dengan tujuan pendidikan
nasional.
2. Sasaran
Khusus
a. Penataan
dan pemeliharaan fisik madrasah, meliputi kegiatan:
1) Penataan
dan penyempurnaan administrasi.
2) Penataan
dan pengaturan pembagain tugas.
3) Penataan
lingkungan dan peningkatan ketahanan madrasah.
4) Penataan
halaman madrasah (6K).
b. Program
pokok yang meliputi kegiatan:
1) Penyelenggaraan
kegiatan persiapan Tahun Pelajaran 2014/2015
2) Penyelenggaraan
persiapan kegiatan selama tahun pelajaran 2014/2015
3) Penyelenggaraan
kegiatan menjelang tahun pelajaran 2014/2015
c. Program
penunjang yang meliputi kegaiatan yang langsung maupun tidak langsung mempengaruhi
pencapian hasil belajar-mengajar.
F. Sistematika
Penyusunan
Rencana Kerja MAN Kalimukti Tahun Pelajaran 2014/2015 ini disusun
berdasarkan sistematika sebagai berikut ini.
KATA
PENGANTAR
DAFTAR
ISI
BAB
I PENDAHULUN
BAB
II VISI, MISI, DAN TUJUAN MADRASAH
BAB
III EVALUASI RENCANA KERJA SECARA UMUM
BAB
IV RINCIAN RENCANA KERJA
BAB V
PENUTUP
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Profil
Madrasah
Struktur
Organisasi Madrasah
Deskripsi
Tugas (Job Description) Penyelenggara Madrasah
Pendelegasian
Tugas (Keputusan Kepala Madrasah Tentang Pembagian Tugas)
BAB II
VISI, MISI, DAN TUJUAN MADRASAH
A. Visi
Terwujudnya peserta didik yang cerdas dan berakhlak mulia.
B. Misi
- Menyelenggarakan pelayanan pendidikan dan kegiatan proses belajar mengajar secara maksimal
- Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai untuk pengembangan kreativitas peserta didik
- Menanamkan dan mengembangkan kesadaran peserta didik untuk melaksanakan ibadah dengan baik dan benar
- Menanamkan secara kontinu nilai-nilai agama dan budaya demi membentuk peserta didik yang berkarakter kuat
C. Tujuan
a. Terwujudnya
semangat berprestasi bagi peserta didik dalam belajar dan berkompetisi secara
sehat di masyarakat.
b. Terwujudnya
peserta didik yang mampu beramal ilmiah dan berilmu alamiyah.
c. Tertanamnya
karakter disiplin, kepatuhan, dan kejujuran pada diri setiap peserta didik
d. Terpahaminya
oleh peserta didik tata cara ibadah sesuai dengan kaidah ajaran Islam.
e. Terwujudnya
peserta didik yang mampu bersikap, berperilaku, dan berbahasa santun.
BAB III
EVALUASI RENCANA
KERJA SECARA UMUM
A. Gambaran
Umum Pelaksanaan Rencana Kerja Tahun Lalu
Secara umum, gambaran pelaksanaan rencana kerja MAN Kalimukti Kab.
Cirebon Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat dilaporkan sebagai berikut.
1. Pada
awal tahun pelajaran, Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB),
Pendelegasian Tugas, dan Pembuatan Program Kerja Madrasah dan Program Kerja
seluruh komponen berjalan baik dan sesuai dengan rencana.
2. Selama
perjalanan tahun pelajaran, dengan segala kekurangan dan kelebihannya, program
kerja yang sudah disusun di awal tahun pelajaran dapat direalisasikan dengan
baik dan sesuai dengan target. Baik itu kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan
pembelajaran maupun yang lainnya.
3. Pada
akhir tahun pelajaran, pelaksanaan evaluasi program kerja baik yang berkaitan
dengan proses pembelajaran berupaUjian Nasional (UN), Ujian Madrasah (UM), dan
Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) bagi peserta didik kelas XII
dan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) bagi kelas X dan XI dapat terlaksana sesuai
dengan rencana dan target kurikulum. Begitu pula dengan evaluasi program
madrasah non kependidikan dapat dilaksanakan dengan meminta seluruh pejabat komponen
madrasah membuat laporan atas semua program kerjanya serta menyusun program
tindak lanjut atas hasil evaluasi tersebut.
B. Hambatan-hambatan
Pelaksanaan Rencana Kerja MAN Kalimukti Kab. Cirebon Tahun
Pelajaran 2013/2014 walaupun sudah dianggap berjalan dengan baik, namun bukan
tanpa hambatan. Hambatan-hambatan yang dihadapi tersebut dapat dikategorikan
menjadi empat aspek, yaitu aspek peserta didik, aspek guru, aspek orang tua,
dan aspek sarana pra sarana sebagai berikut.
1. Aspek
Peserta Didik
a. Banyak
peserta didik yang belum mampu memanfaatkan waktu belajar dengan sebaiknya.
Peserta didik yang tinggal di asrama Pondok Pesantren An-Nashuha terkadang
terkendala dengan pembagian waktu kegiatan pondok pesantren. Sedangkan peserta
didik yang tidak tinggal di asrama pondok pesantren terkendala dengan waktu
tempuh yang membutuhkan waktu dan energi lebih banyak.
b. Sebagian
peserta didik terbiasa belajar mendadak hanya bila ada ulangan saja.
c. Pekerjaan
rumah yang diberikan guru, sering kali tidak dikerjakan bahkan banyak yang
mengerjakan di madrasah tepat sebelum batas waktu yang ditentukan sehingga
menghasilkan kualitas pekerjaan yang seadanya.
d. Waktu
dan kesempatan yang ada di madrasah atau di rumah belum dimanfaatkan dengan baik oleh peserta didik
untuk mengembangkan kompetensinya.
e. Peserta
didiksebagian besar tidak memiliki buku teks pelajaran, bahkan buku catatan
yang diperoleh dari penjelasan guru selama pembelajaran tidak ada atau hilang.
f. Masih
rendanya minat baca peserta didik dan kunjungan ke perpustakaan sebagai
pendukung proses belajar mengajar.
g. Pemanfaatan
cara belajar berkelompok belajar agar belum dimanfaatkan dengan baik.
h. Peserta
didik yang mendapatkan nilai kurang, sebagian tidak berusaha belajar lebih giat
untuk mengejar ketertinggalannya.
i. Masih
rendahnya kesadaran peserta didik untuk mematuhi tata tertib madrasah, terutama
berkaitan dengan keterlambatan hadir dan kerapian berpakaian.
2. Aspek
Guru
a. Masih
ada guru yang kurang memanfaatkan waktu mengajar tatap muka dengan alasan yang
kurang jelas.
b. Metode
pembelajaran yang digunakan masih banyak menggunakan metode pembelajaran
konvensionalsehingga proses pembelajaran masih kurang efektif dan efisien.
c. Masih
tampak beberapa guru mengajar dengan persiapan yang kurang matang.
d. Longgarnya
sistem monitoring proses pembelajaran, sehingga rencana program pembelajaran
terkadang tidak direalisasikan pada kenyataannya.
e. Masih
minimnya penggunaan alat peraga dan media pembelajaran yang berbasis TIK oleh
guru dalam proses pembelajaran.
f. Sebagian
guru mengajar tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikannya.
g. Sistem
penilaian dan evaluasi yang belum menggunakan authentic assesment secara
utuh, sehingga kompetensi peserta didik tidak ternilai secara sempurna.
h. Hasil
evaluasi pembelajaran belum dimanfaatkan secara optimal oleh guru untuk
kepentingan program remedial dan pengayaan.
i. Sebagian
besar guru belum melakukan analisis terhadap hasil evaluasi dan penilaian,
sehingga menghambat pelaksanaan program remedial dan pengayaan.
3. Aspek
Orang Tua
a. Masih
rendahnya perhatian orang tua peserta didik terhadap perkembangan proses
pembelajaran peserta didik di madrasah.
b. Minimnya
partisipasi dan dukungan orang tua peserta didik terhadap program madrasah.
c. Minimnya
peran orang tua peserta didik untuk terus memberikan motivasi belajar kepada
putra-putrinya agar terus meningkatan prestasi belajarnya.
d. Keragama
latar belakang paradigma orang tua peserta didik, bahkan sebagian besarnya
masih beranggapan kurang pentingnya pendidikan, lebih memperhatikan agar
putra-putrinya bisa mendapatkan pekerjaan yang layak ketika lulus dari MAN
Kalimukti Kab. Cirebon nanti.
4. Aspek
Sarana dan Prasarana.
1. Masih
minimnya pengembangan bangunan fisik, karena terhambat pada anggaran dan ukuran
tanah.
2. Kurangnya
penyediaan sarana alat peraga dan media pembelajaran.
3. Kurangnya
kelengkapan koleksi perpustakan sebagai sumber belajar guru dan peserta didik.
4. Terhambatnya
pengadaan sarana pemeliharaan gedung, baik yang berkaitan dengan kebersihan dan
keindahan madrasah, maupun yang terkait dengan pemeliharaan peralatan dan
mesin.
5. Belum
tersedianya kendaraan operasional madrasah sehingga sedikit banyak menghambat
pelaksanaan program madrasah.
C. Solusi
atas Hambatan-hambatan Tersebut
Berdasarkan temuan dan kajian atas hambatan dan
masalah yang ditemukan selama pelaksanaan rencana kerja MAN Kalimukti Kab.
Cirebon Tahun Pelajaran 2013/2014, madrasah berusaha untuk memecahkan
masalah-masalah tersebut dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Dalam
setiap kesempatan, kepala madrasah, guru, guru BP/BK selalu diingatkan untuk
terus memberikan penjelasan, pengarahan, nasehat, bimbingan, dan motivasi kepada
peserta didik agar dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.
2. Terus
berusaha menegakkan tata tertib madrasah dengan cara memberikan reward
dan punishment.
3. Memperkuat
pelaksanaan program remedial dan pengayaan.
4. Melakukan
monitoring terhadap kinerja guru agar melaksanakan tugas pendidikan dengan
lebih maksimal.
5. Melakukan
pembinaan terhadap guru untuk meningkatkan kompetensinya terkait dengan
penggunaan alat peraga dan media pembelajaran, authententic assesment,
dan analasis dan tindak lanjut hasil penilaian.
6. Mendorong
para guru untuk terus meningkatkan kompetensinya diantaranya dengan ikut serta
dalam forum MGMP/MGBK dan kegiatan sejenis serta memberikan akomodasinya.
7. Memperkuat
hubungan emosional antara madrasah dengan orang tua peserta didik agar orang
tua peserta didik lebih proaktif dalam berpartisipasi dan mendukung program dan
kegiatan madrasah.
8. Memberikan
pengarahan kepada orang tua peserta didik agar lebih memperhatikan perkembangan
putra-putrinya.
9. Melengkapi
sarana dan pra sarana yang belum ada dan diperlukan untuk menunjang pelaksanaan
program madrasah.
10.Melakukan
pemeriksaan dan pemeliharaan secara berkala untuk memastikan sarana dan pra
sarana madrasah dapat terus dimanfaatkan untuk kepentingan pelaksanaan program
madrasah.
11.Pembinaan
guru sekolah oleh Kepala Masdarasah perlu ditingkatkan, demikian juga terhadap
wali kelas yang masih baru.
BAB IV
RINCIAN PROGRAM
KERJA
TAHUN PELAJARAN
2014 / 2015
A. Uraian
Program Kerja
1. Manajemen
/ Kepala Madrasah
No
|
Nama
Kegiatan
|
Target yang
Ingin Dicapai
|
Ket.
|
|
Output
|
Outcome
|
|||
1.
|
Peningkatan mutu layanan tenaga pendidik dan kependidikan
|
Terciptanya layanan prima kepada siswa
|
Melaksanakan layanan siswa secara prima baik dalam KBM mapun
dalam bidang yang lain
|
|
2.
|
Pembinaan akademik dan non akademik peserta didik
|
Tercapainya pembinaan yang maksimal kepada siswa dalam bidang
akademik dan non akademik
|
Melaksanakan pembinaan yang maksimal kepada siswa
|
|
3.
|
Pembinaan Pengelolaan Kelas
|
Terwujudnya pembinaan kelas secara optimal dan kreatif sehingga
siswa berasa nyaman di kelas
|
Menggairahkan
kegiatan belajar siswa dalam kelas
|
|
4.
|
Pembentukan karakter peserta didik
(character building)
|
Terbentuknya sikap disiplin dan taat aturan
|
Terwujudnya perilaku yang berakhlakul karimah
|
|
5.
|
Pemeliharaan umum
|
Terpeliharanya
sarana lainnya
|
Lancarnya
kegiatan operasional Madrasah
|
|
2. Ketatausahaan
Madrasah
No
|
Nama
Kegiatan
|
Target yang
Ingin Dicapai
|
Ket.
|
|
Output
|
Outcome
|
|||
1.
|
Penyusunan program ketatausahaan
|
Tercapainya pelaksanaan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu
|
Terlaksananya
setiap jenis pekerjaan secara optimal dan tepat waktu
|
|
2.
|
Pembinaan dan peningkatan kualitass SDM dan disiplin pegawai
|
Terwujudnya SDM yang berkualitas dan berdedikasi tinggi
|
Meningkatnya kualitas laporan pekerjaan sesuai dengan aturan yang
berlaku
|
|
3.
|
Penyusunan job description pelaksana pekerjaan pegawai
|
Tertatanya laporan pekerjaan setiap bagian
|
Mudahnya pelaksanaan masing-masing pekerjaan
|
|
4.
|
Pembiasaan disiplin terhadap karyawan
|
Adanya peningkatan kehadiran karyawan
|
Dapat terciptanya situasi yang harmonis, tentramdan baik
|
|
5.
|
Memberikan pengetahuan dan
keterampilan dasar-dasar manajerial
|
Pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik
|
Semua karyawan dapat membuat program kerja dengan baik
|
|
6.
|
Montoring dan Evaluasi Program Kegiatan Tengah Semester bagi
Karyawan
|
Pekerjaan
dapat diselesaikan dengan baik
|
Semua
karyawan dapat membuat Laporan program kerja dengan baik Tengah Semester
|
|
7
|
Monitoring dan Evaluasi Program Kegiatan Akhir Semester bagi
Karyawan
|
Pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik
|
Semua karyawan dapat membuat Laporan program kerja dengan baik
Akhir Semester
|
|
3. Kurikulum
No
|
Nama
Kegiatan
|
Target yang
Ingin Dicapai
|
Ket.
|
|
Output
|
Outcome
|
|||
1.
|
Optimalisasi pembuatan perencanaan pembelajaran, monitoring
proses pembelajaran, dan evaluasi hasil pembelajaran
|
Terpenuhinya target penyusunan dokumen kurikulum baik
perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi
|
Meningkatnya kuantitas dan kualitas dokumen kurikulum
|
|
2.
|
Intensifikasi tugas terstruktur dan tugas mandiri
|
Tersusunnya tugas siswa baik tugas terstruktur maupun tugas
mandiri
|
Mengukur tugas siswa secara baik
|
|
3.
|
Kegiatan remedial dan pengayaan
|
Terakomodasinya kebutuhan belajar setiap peserta didik baik
kelompok asor maupun kelompok atas
|
Meningkatnya tingkat ketuntasan peserta didik dalam menyelesaikan
program pembelajarannya
|
|
4.
|
Peningkatan layanan pembelajaran
|
Layanan Pembelajaran terlaksana secara intens dan ekstens
|
Meningkatkan
layanan pembelajaran baik secara intensif maupun ekstensif
|
|
5.
|
Ujian praktikum komputer
|
Terlaksananya evaluasi praktek komputer secara baik
|
Memudahkan pantauan evaluasi penguasaan komputer bagi siswa
|
|
6.
|
Pembinaan praktek keagamaan
|
Praktek
keagamaan dapat dilaksanakan oleh siswa secara baik
|
Mengukur
keberhasilan praktek keagamaan
|
|
7.
|
Pembiasaan tadarrus Al-Qur'an
|
Terbiasanya tadarus Alqur'an dan munaqosah Hafalan Alqur'an
|
Mengukur tingkat hafalan alqur'an
|
|
8.
|
Pembinaan lomba bidang akademik
|
Terciptanya siswa-siswa yang siap dalam menghadapi lomba bidang
akademik
|
Meningkatkan
kemampuan siswa dalam menghadapi lomba-lomba bidang akademik
|
|
9.
|
Sistem layanan pembelajaran berbasis IT
|
Terpenuhinya hardware dan soft ware layanan informasi pembelajaran
berbasis IT
|
Meingkatnya
aktifitas dan prestasi belajar siswa
|
|
10.
|
Penambahan dan perbaikan komputer
|
Terpenuhinya hardware di Lab Komputer
|
Lab. komputer
yang memadai dan proporsional
|
|
11.
|
Penambahan LCD proyektor
|
Bertambahnya jumlah LCD proyektor
|
Tercukupinya
kebutuhan LCD secara mobile
|
|
12.
|
Penelitian lapangan
|
Terciptanya peserta didik yang mempunyai wawasan lingkungan
|
Menambah
wawasan peserta didik di luar lingkungan madrasah
|
|
13.
|
Pengadaan alat-alat praktikum
|
Tersedianya alat-alat praktikum yang memadai
|
Meningkatnya
aktifitas pembelajaran dengan metode praktek dan penelitian
|
|
14
|
Pengadaan Lab. Bahasa dan Multimedia Center
|
Tersedianya Lab. Bahasa dan Multimedia center
|
Meningkatnya
kualitas proses pembelajaran
|
|
4. Kesiswaan
No
|
Nama Kegiatan
|
Target yang
Ingin Dicapai
|
Ket.
|
|
Output
|
Outcome
|
|||
1.
|
PPDB dan Masa Taaruf Peserta Didik Baru (MTPDB)
|
Terlaksananya sosialisasi dan pengenalan kepada civitas akademika
beserta lingkungan madrasah
|
Mengenal dan memahami keadaan. Civitas akademika serta lingkungan
|
|
2.
|
Ta'aruf eskul serta aktivasi otak kanan
|
Tertanamnya rasa senang, rasa memiliki, dan hasrat berkarya di
eskul
|
Mengenalkan kecerdasan emosi dan spiritual dan kegiatan eskul MAN
Kalimukti Kab. Cirebon
|
|
3.
|
Pembinaan kegiatan ekstrakurikuler bidang akademik
|
Tersalurnya kreativitas siswa pada kegiatan eskul bidang akademik
|
Membina siswa
dalam kegiatan eskul di bidang
akademik seperti olimipiade
|
|
4.
|
Pembinaan kegiatan ekstrakurikuler bidang non akademik
|
Tersalurnya kreativitas siswa pada kegiatan eskul bidang non
akademik
|
Membina siswa dalam kegiatan
eskul di bidang non akademik seperti PMR, Pramuka, Paskibra, KIR,
Hadroh, sepak bola, dll.
|
|
5.
|
Bimbingan intensif menghadapi lomba/olimpiade
|
Intensifikasi
dan ekstensifikasi bimbingan mengahadapi lomba/olimpiade
|
Membimbing
secara intensif dan ekstensif siswa dalam menghadapi lomba/olimpiade
|
|
6.
|
Keikutsertaan lomba/olimpiade
|
keterlibatan siswa dalam lomba/olimpaide
|
Mengikutsertakan siswa dalam lomba/olipmiade tertentu
|
|
7.
|
PORSENI siswa MA
|
Tersalurkannya kreativitas siswa dalam perlombaan olah raga pada
kegiatan PORSENI pelajar
|
Menyalurkan
bakat dan prestasi siswa dalam bidang olah raga dan seni
|
|
8.
|
Melaksanan Senam Massal Secara Rutin
|
Tersedianya sarana pembianaan kesehatan di lingkungan madrasah
|
Terbiasakannya
perilaku hidup sehat
|
|
9.
|
Bimbingan perilaku keagamaan
|
Terbiasanya para siswa untuk melakukan ajaran agama dengan baik
dan benar
|
Meningkatnya
kesadaran peserta didik untuk beribadah dan berperilaku religius
|
|
10.
|
Pelepasan Siswa Kelas XII
|
Membiasakan diri untuk mensyukuri kenikmatan yang diperolehnya
|
Terkumpulnya
dana tambahan untuk syukuran pelepasan siswa kelas XII
|
|
5. Sarana
Dan Prasarana
No
|
Nama
Kegiatan
|
Target yang
Ingin Dicapai
|
Ket.
|
|
Output
|
Outcome
|
|||
1.
|
Inventarisasi barang milik negara
|
Diketahui jumlah barang milik negara (MAN Kalimukti Kab. Cirebon)
|
Terpeliharanya barang milik negara (MAN Kalimukti Kab. Cirebon)
|
|
2.
|
Pengadaan meja kursi siswa dan guru
|
Memenuhi
kekurangan meja kursi siswa dan guru
|
Memberikan
kenyamanan duduk dan menulis siswa dan guru
|
|
3.
|
Rehabilitasi meja dan kursi guru yang rusak
|
Efisiensi anggaran pengadaan meubelair
|
Terciptanya suasana nyaman dalam belajar bagi siswa dan bekerja
bagi guru
|
|
4.
|
Penggantian dan penambahan papan tulis (white board) di setiap
kelas
|
Terciptanya suasana kondusif dalam pembelajaran
|
Meningkatnya pencapaian target kurikulum bidang pengajaran
|
|
5.
|
Menata ulang meja kursi siswa dan guru serta pelaksanaan K3 di
dalam dan luar kelas
|
Terciptanya suasana baru di dalam kelas dan tercukupinya
kebutuhan meja dan kursi guru dan siswa
|
|
|
6.
|
Penataan meja kursi siswa dan guru serta pelaksanaan K3 didalam
dan diluar kelas
|
Tercukupinya kekurangan meja kursi siswa/guru dan terciptanya
suasana bersih, aman dan indah
|
Memberikan
kenyamanan dan ketentraman bagi siswa dan guru dalam KBM
|
|
7.
|
Pemagaran gedung madrasah
|
Terciptanya suasana nyaman dan keindahan
|
Meningkatnya
disiplin peserta didik
|
|
8.
|
Pembuatan lahan parkir kendaraan guru dan siswa
|
Tersedianya tempat parkir siswa
|
Memberikan
rasa aman dan nyaman
|
|
9.
|
Pengadaan dan perbaikan alat-alat pengeras suara
|
Terlaksananya pekerjaan secara efektif dan efisien
|
Memberikan
kemudahan dalam melaksanakan acara-acara
|
|
10.
|
Perbaikan WC siswa (perbaikan daun pintu dan pelaburan)
|
Layak pakainya sarana WC siswa
|
Terciptanya
suasana bersih dan sehat di lingkungan madrasah
|
|
11.
|
Pengecatan gedung (kelas, kantor dan aula)
|
Terciptanya keadaan rapih, bersih dan indah
|
Memberikan
kenyamanan dan keindahan
|
|
12.
|
Optimalisasi program K3
|
Terciptanya suasan nyaman di madrasah
|
Meningkatnya
kualitas pembelajaran siswa dan kinerja pegawai
|
|
13.
|
Rapat-rapat pembinaan dan evaluasi
|
Termotivasinya petugas dalam melaksanakan pekerjaannya
|
Meningkatnya
kinerja petugas
|
|
6. Humas
No
|
Nama
Kegiatan
|
Target yang
Ingin Dicapai
|
Ket.
|
|
Output
|
Outcome
|
|||
1.
|
Sosialisasi dan koordinasi program madrasah
|
Tersosialisasi dan terkoordinasinya program madrasah dengan berbagai pihak secara baik
|
Program madrasah dapat terserap oleh berbagai pihak
|
|
2.
|
Publikasi dan dokumentasi kegiatan madrasah
|
Terekam dan terinventarisnya publikasi dan semua dokumen kegiatan
madrasah
|
Publikasi dan dokumentasi kegiatan madrasah dapat terinventaris
dengan lengkap
|
|
3.
|
Penyusunan dan penerbitan kalender MAN
|
Tercetaknya kalender madrasah sebagai salah satu sarana media
publikasi
|
Terjalinnya
hubungan hubungan silaturahmi dengan pihak-pihak luar melalui kalender
madrasah
|
|
4.
|
Tasyakkur dan Haul MAN Kalimukti Kab. Cirebon
|
Terlaksananya tasyakkur dan haul MAN Kalimukti Kab. Cirebon dengan
meriah dan penuh kehidmatan
|
Jadikan pelaksanaan tasyakkur dan haul MAN Kalimukti Kab. Cirebon
sebagai ajang syukur kepada ALLAH SWT
|
|
5
|
Mengadakan studi wisata
|
Terlaksananya kegiatan studi wisata
|
Meningkatnya wawasan peserta didik dan guru terkait dengan
sejarah dan perkembangan ilmu pengetahuan mutkahir
|
|
5
|
Mendirikan BKK
|
Terbantunya pada alumni yang berminat bekerja setelah lulus, baik
di dalam negeri maupun luar negeri
|
Meningkatnya penyerapan lulusan di dunia kerja
|
|
7. Bimbingan
Konseling (BK)
No
|
Nama
Kegiatan
|
Target yang
Ingin Dicapai
|
Ket.
|
|
Output
|
Outcome
|
|||
1.
|
Tes Psikologis
|
Terukurnya potensi dan kecenderungan peserta didik
|
Terbentuknya rombongan belajar berdasarkan pada potensi dan
kecenderungan yang dimiliki peserta didik
|
|
2.
|
Pengambilan data melalui aplikasi instrumentasi (misalnya IKMS,
Angket)
|
Terintertarisasinya data tentan kebutuhan dan masalah peserta
didik
|
Teridentifikasi dan terlaksananya program layanan BK berbasis
kebutuhan peserta didik
|
|
3.
|
Layanan Program Pendidikan Lanjutan
|
Terdatanya minat dan keinginan peserta didik dalam program
pendidikan lanjutan
|
Tersalurkannya minat dan
keinginan peserta didik dalam program pendidikan lanjutan
|
|
4.
|
Himpunan data
|
Tersusunnya data peserta didik secara lengkap dan mendalam
|
Terrealisasinya pemberian bantuan dan layanan kepada peserta
didik secara tepat
|
|
5.
|
Rekam Jejak PDSS
|
Terdatanya nilai akademik peserta didik sejak kelas X sampai
dengan XII
|
Terwujudnya cita-cita peserta didik untuk melanjutkan studi ke
PTN/PTAIN
|
|
6.
|
Kunjungan Rumah
(Home Visit)
|
Terbentuknya jalinan silaturahi dengan orang tua peserta didik
|
Meningkatnya silaturahim, kerja sama, dan timbal balik yang
positif dengan orang tua
|
|
7.
|
Konferensi Kasus
|
Terrumuskannya masalah peserta didik bersama pihak-pihak tertentu
|
Terentaskannya masalah peserta didik
|
|
8.
|
Konsultasi Siswa
|
Terselenggaranya komunikasi yang efektif dengan orang tua peserta
didik
|
Terjalinnya komunikasi yang baik dengan orang tua peserta didik
|
|
8. Program
Unggulan
No
|
Nama
Kegiatan
|
Target yang
Ingin Dicapai
|
Ket.
|
|
Output
|
Outcome
|
|||
1.
|
Matrikulasi
|
Terbentuknya kesiapan peserta didik dalam pembelajaran di
peminatannya masing-masing
|
Tercapainya prestasi peserta didik pada proses pembelajaran di
peminatannya
|
|
2
|
Balai Kerja Khusus (BKK)
|
Tersalurkannya potensi peserta didik yang tidak melanjutkan studi
ke perguruan tinggi
|
Terbantunya peserta didik dalam dunia kerja
|
|
3
|
Kelompok Bahasa Asing
(English, Arabic, Korean)
|
Terfasilitasinya minat dan potensi peserta didik pada
pengembangan bahasa asing
|
Terciptanya peningkatan kemampuan berbahasa asing baik dari segi fluency
(kelancaran) dan accuracy (ketepatan)
|
|
4
|
Tahfidhul Qur’an
|
Terkembangkannya kemampuan dan kecenderungan peserta didik dalam
menghafal al-Qur’an
|
Terwujudnya suasa akademik yang terbiasa mengkaji dan menerapkan
nilai-nilai al-Qur’an
|
|
B. Deskripsi
Tugas Pengelola Madrasah
1. Manajemen/Kepala
Madrasah
a. Menyusun
program tahunan Madrasah
b. Menetapkan
kebijakan operasioanl Madrasah
c. Melaksanakan
supervisi
d. Mengatur
kegiatan belajar mengajar
e. Mengatur
kegiatan kesiswaan
f. Mengatur
kegiatan personalia kepegawaian
g. Mengatur
kegiatan Tata Usaha dan keuangan madrasah
h.
Mengatur fasilitas alat peraga pendidikan dan pengajaran
i.
Mengatur gedung dan perlengkapan madrasah
j.
Mengatur hubungan dengan masyarakat
k.
Mengatur tata tertib Madrasah
l.
Mengatur dan memelihara disiplin
guru dan karyawan
m. Mengadakan bimbingan tugas guru dan pegawai
Tata Usaha
n.
Mengadakan penilaian tugas
o. Membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan
Madrasah.
2. Ketatausahaan Madrasah
a.
Membantu Kepala dalam mengelola rumah tangga Madrasah
b.
Menyusun program pengelolaan kantor Madrasah
c.
Menyelenggarakan kegiatan tatalaksana Kantor
Madrasah
d.
Mengatur urusan surat menyurat
e.
Mendokumentasikan alat-alat administrasi Madrasah
f.
Mengatur kesejahteraan guru dan pegawai
g.
Melaksanakan pendaftaran siswa baru dengan
melalui panitia PSB dan melakukan registrasi siswa
h.
Memelihara inventarisasi Madrasah
i.
Memelihara kelancaran kegiatan belajar mengajar
j.
Melaksanakan bimbingan dan penilaian tugas staf Tata Usaha
k.
Mengatur kelancaran Koperasi Siswa
l.
Mengatur pengisian buku-buku
identitas pegawai dan siswa
m. Membuat laporan bulanan, triwulan,
semester dan tahunan sebagai pertanggungjawaban kepada Kepala Madrasah
3. Kurikulum
a.
Membantu Kepala Madrasah dalam mengelola kegiatan penyelenggaraan pembelajaran
b.
Menyusun pembagian tugas mengajar bagi guru, yang disesuaikan dengan
disiplin ilmu dan pengalaman mengajar
c.
Merencanakan dan melaksanakan peningkatan pengembangan profesional guru
d.
Bersama waka membuat usulan kepada Kepala Madrasah untuk menempatkan guru
dalam jabatan koordinator dan Pembina
e.
Menyusun penempatan guru dalam jabatan wali kelas dan guru piket
f.
Mempersiapkan media pembelajaran dan perangkat pembelajaran
g.
Mengkoordinasikan seluruh kegiatan pembelajaran dalam sistem operasional
h.
Memonitor pelaksanaan kegiatan pembelajaran
i.
Bersama waka mengadakan pengendalian pelaksanaan kegiatan pembelajaran
j.
Mengadakan pengawasan terhadap ketuntasan belajar
k.
Membimbing guru dalam membuat perangkat pembelajaran
l.
Bersama koordinator jurusan,
merencanakan dan melaksanakan kegiatan intrakurikuler dan kokurikuler
m. Mempersiapkan pelaksanaan evaluasi tengah
semester, semester, kenaikan kelas dan
Ujian
n.
Memimpin sidang kenaikan kelas
o. Membuat laporan bulanan, triwulan, semester
dan tahunan sebagai pertanggungjawaban kepada Kepala Madrasah
4. Kesiswaan
a.
Membantu Kepala Madrasah dalam urusan Kesiswaan dan kegiatan
Ekstrakurikuler
b.
Menyusun program kegiatan Majelis Perwakilan
Orang Tua
c.
Membagi tugas dan mengkoordinasikan tugas
para pembina yang ada dibawah pembantu Kep. Madrasah Bidang Kesiswaan
d.
Membimbing dan mengarahkan kegiatan ekstrakurikuler baik dalam lingkungan
Madrasah maupun masyarakat
e.
Membimbing MPK dalam menyusun GBPK dan mengarahkan atau memantau
pelaksanaannya termasuk pengelolaan OSIS
f.
Membimbing pengurus OSIS dalam menyusun Daftar Isian Kegiatan (DIK)
g.
Mengupayakan terciptanya suatu kesatuan dan persatuan siswa dalam satu
sistem suasana kekeluargaan di lingkungan Madrasah
h.
Membuat laporan bulanan, triwulan, semester dan tahunan sebagai
pertanggungjawaban kepada Kepala Madrasah
5. Hubungan
Masyarakat
a.
Membantu Kepala Madrasah dalam urusan Humas
b.
Menyusun program kegiatan pembantu Kepala Madrasah Bidang Pelayanan dan
Hubungan Masyarakat
c.
Mengupayakan terjalinnya hubungan Madrasah yang harmonis dengan lembaga
lain/instansi yang terkait, masyarakat dan Pondok Pesantren.
d.
Mensosialisasikan masalah-masalah kegiatan Madrasah dengan lembaga
lain/instansi terkait, masyarakat dan Pondok Pesantren
e.
Protokoler dalam acara-acara rapat dinas Madrasah
f.
Mengkoordinir Program/laporan dari setiap Wakil Kepala Madrasah/Pembina
g.
Membuat dokumentasi kegiatan Madrasah
h.
Menjalin kerjasama dengan media massa untuk mensosialisasikan aktifitas
lembaga
i.
Mengkoordinir pelaksanaan tugas Kapustekkom dan kepala PSBB
j.
Membuat laporan bulanan, triwulan, semester dan tahunan sebagai
pertanggungjawaban kepada Kepala Madrasah
6. Sarana Dan Prasarana
a.
Membantu Kepala Madrasah dalam urusan Sarana Prasarana
b.
Menyusun program pengadaan, pemeliharaan dan pengamanan barang
inventaris khususnya yang berkaitan dengan KBM
c.
Mendayagunakan sarana prasarana KBM
d.
Menjaga stabilitas pemeliharaan dan pendayagunaan sarana dan prasarana
Madrasah
e.
Merencanakan kegaitan pendayagunaan sarana dan prasarana Madrasah secara
optimal
f.
Merencanakan dan melaksanakan kegiatan pemeliharaan sarana dan prasarana
Madrasah
g.
Mencatat dan menata piala, piagam yang diperoleh Madrasah / siswa
h.
Membina / mengawasi pelaksanaan 3K
i. Membuat laporan bulanan, triwulan, semester
dan tahunan sebagai pertanggungjawaban kepada Kepala Madrasah
7. Bimbingan
Konseling (BK)
a. Membantu
Kepala Madrasah dalam urusan BK
b.
Menyusun program kegiatan BK
c.
Mengupayakan peningkatan minat dan gairah belajar siswa dalam PBM
d.
Mengatur tugas dan penempatan Guru BK di kelas
e.
Mengatur pembagian kelas dan pemilihan
program jurusan
f.
Memberikan bimbingan karier siswa sesuai dengan bakat, kemampuan dan
cita-cita yang diharapkannya
g.
Menyelesaikan masalah atau kasus-kasus yang terjadi pada siswa (absensi
dan pelanggaran tatib)
h.
Menginventarisasi data output
siswa tiap akhir tahun baik yang melanjutkan sekolah ataupun yang bekerja
i.
Menangani dan mengadakan koordinasi dengan pihak-pihak terkait tentang
mutasi siswa
j.
Membuat laporan bulanan, triwulan, semester dan tahunan sebagai
pertanggungjawaban kepada Kepala Madrasah.
8.
Program Unggulan
a.
Membantu Kepala Madrasah dalam urusan pengembangan madrasah bidang
unggulan.
b.
Menyusun rencana anggaran, program kurikulum, kesiswaan, humas dan
pelayanan program unggulan.
c.
Meningkatkan kompetensi guru, pelayanan siswa
d.
Merancang pengembangan program-program unggulan
e.
Membuat laporan bulanan, triwulan, semester dan tahunan sebagai
pertanggungjawaban kepada Kepala Madrasah tentang operasional penyelenggaraan program-program
unggulan.
BAB V
PENUTUP
Segala puji
bagi Allah SWT, dengan segala pertolongan-Nya kami dapat merampungkan
penyusunan Rencana Kerja MAN Kalimukti Kab. Cirebon untuk Tahun Pelajaran 2014/2015.
Rencana Kerja
Tahunan ini merupakan penjabaran lebih lanjut dari rencana kerja jangka panjang
(8 tahunan) dan rencana kerja jangka menengah (4 tahunan). Selanjutnya Rencana
Kerja Tahunan ini akan dijadikan acuan dan dasar untuk semua komponen MAN
Kalimukti Kab. Cirebon meyusunan program kerjanya masing-masing.
Dengan
demikian, diharapkan semua program di madrasah ini menjadi lebih terpadu dan
berkesinambungan. Pada akhirnya semua akan bermuara pada peningkatan kualitas
pendidikan di MAN Kalimukti Kab. Cirebon pada khususnya dan pendidikan nasional
pada umumnya.
Segala upaya
sudah kami kerahkan untuk menyusun sebuah rencana kerja yang sebaik-baiknya.
Namun, kami pun menyadari masih banyak kelemahan dan kekurangan. Oleh karena
itu, segala kritik dan saran konstruktif sangat kami harapkan demi perbaikan di
masa mendatang.
RENCANA KERJA
MAN KALIMUKTI KAB. CIREBON
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
LAMPIRAN
– LAMPIRAN
Ijin copas Min, buat belajar. Terima kasih
BalasHapus