SK KD MA Program Kegamaan
BAB IX
STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN
KOMPETENSI DASAR (KD)
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DAN BAHASA ARAB
MADRASAH ALIYAH PROGRAM KEAGAMAAN
A. LATAR BELAKANG
Di dalam UU No. 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa pendidikan nasional
berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa
yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu bidang studi yang
harus dipelajari oleh peserta didik di madrasah adalah pendidikan agama Islam,
yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.
Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Program Keagamaan terdiri atas
tujuh mata pelajaran, yaitu: Akhlak,
Sejarah Kebudayaan Islam, Bahasa Arab, Tafsir, Hadis, Fikih, dan Ilmu Kalam.
Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi
dan melengkapi. Al-Qur'an-Hadis merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam arti
ia merupakan sumber akidah-akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga
kajiannya berada di setiap unsur tersebut. Akidah (Usuluddin) atau keimanan
merupakan akar atau pokok agama. Syariah/fikih (ibadah, muamalah) dan akhlak
bertitik tolak dari akidah, yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari
akidah (keimanan dan keyakinan hidup). Syari’ah/fikih merupakan sistem norma
(aturan) yang mengatur hubungan manusia dengan Allah, sesama manusia dan dengan
makhluk lainnya. Akhlak merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidup
manusia, dalam arti bagaimana sistem norma yang mengatur hubungan manusia
dengan Allah (ibadah dalam arti khas) dan hubungan manusia dengan manusia dan
lainnya (muamalah) itu menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup manusia dalam
menjalankan sistem kehidupannya (politik, ekonomi, sosial, pendidikan,
kekeluargaan, kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan, dan lain-lain) yang
dilandasi oleh akidah yang kokoh. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan
perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam usaha
bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan berakhlak serta dalam mengembangkan
sistem kehidupannya yang dilandasi oleh akidah.
Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Program Keagamaan yang
terdiri atas dua mata pelajaran tersebut memiliki karakteristik
sendiri-sendiri. Akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak
terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan
aspek sejarah kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah
dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh Islam
berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik,
ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan
peradaban Islam.
Penyusunan Standar Kompetensi
(SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran Pendidikan Agama dan Bahasa Arab
di Madrasah Aliyah Program Keagamaan ini beserta mata pelajaran yang menjadi
ciri khas program tersebut dilakukan dengan cara mempertimbangkan dan me-review Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor
22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan
Menengah, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk SMA/MA, serta
memperhatikan Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam Nomor:
DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006, tanggal 1 Agustus 2006, tentang Pelaksanaan Standar
Isi, yang intinya bahwa Madrasah dapat meningkatkan kompetensi lulusan dan
mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih tinggi.
B.
TUJUAN
1. Akhlak
Mata pelajaran Akhlak di Madrasah
Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk:
a. Mewujudkan
manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam
kehidupan sehari-hari baik dalam
kehidupan individu maupun sosial.
b. Meningkatkan kemampuan pemahaman, penghayatan,
dan pengamalan peserta didik tentang tasawuf sehingga menjadi muslim yang penuh
tanggung jawab dan bijaksana dalam kehidupan pribadi, masyarakat, berbangsa,
dan bernegara.
2.
Sejarah Kebudayaan
Islam
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam di Madrasah Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk:
a. Membangun
kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran,
nilai-nilai dan norma-norma Islam yang
telah dibangun oleh Rasulullah saw dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan
peradaban Islam.
b. Membangun
kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini,
dan masa depan
c. Melatih
daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan
didasarkan pada pendekatan ilmiah.
d. Menumbuhkan
apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam
sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.
e. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah
dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh
berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik,
ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan
peradaban Islam.
3.
Bahasa Arab
Mata pelajaran bahasa Arab Madrasah
Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk:
a.
Mengembangkan kemampuan
berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun tulis yang mencakup empat
kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam),
membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
b.
Menumbuhkan kesadaran tentang
pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu bahasa asing untuk menjadi alat utama
belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber ajaran Islam.
c.
Mengembangkan pemahaman tentang
saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya.
Dengan demikian, peserta didik diharapkan memiliki wawasan lintas budaya dan
melibatkan diri dalam keragaman budaya.
4.
Tafsir
Mata pelajaran Tafsir di Madrasah
Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk :
a. Meningkatkan
kecintaan peserta didik terhadap al-Qur'an.
b. Membekali
peserta didik dengan dalil-dalil yang terdapat dalam al-Qur'an sebagai pedoman
dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan.
c. Meningkatkan
pemahaman dan pengamalan isi kandungan al-Qur'an yang dilandasi oleh
dasar-dasar keilmuan tentang al-Qur'an.
d. Meningkatkan
kemampuan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman peserta didik tentang tafsir
dan ilmu tafsir, sehingga dapat membekali mereka dalam menafsirkan ayat-ayat
al-Qur'an sesuai dengan kaidah-kaidah yang benar.
e. Meningkatkan
pengamalan peserta didik terhadap isi kandungan al-Qur'an dengan penuh tanggung
jawab dan bijaksana dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara, serta sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang
lebih tinggi.
5.
Hadis
Mata pelajaran Hadis
di Madrasah Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk:
a. Meningkatkan
kemampuan pemahaman, penghayatan, dan pengalaman peserta didik tentang hadis sehingga menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, serta berakhlak mulia dan bijaksana
dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
b. Mengenalkan
sumber ajaran atau hukum Islam kepada peserta didik dalam melaksanakan ajaran
atau hukum Islam dalam kehidupan sehari-hari, baik secara individu maupun
sebagai anggota masyarakat.
6.
Fikih
Mata pelajaran Fikih
di Madrasah Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk:
a. Mengetahui
dan memahami prinsip-prinsip, kaidah-kaidah, dan tatacara pelaksanaan hukum
Islam baik yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk dijadikan pedoman
hidup dalam kehidupan pribadi dan sosial.
b. Melaksanakan
dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik, sebagai perwujudan
dari ketaatan dalam menjalankan ajaran agama Islam baik dalam hubungan manusia
dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, dan makhluk
lainnya maupun hubungan dengan lingkungannya.
c. Mengenal,
memahami, dan menghayati terhadap sumber hukum Islam dengan memanfaatkan usul
fikih sebagai metode penetapan dan pengembangan hukum Islam dari sumbernya.
d. Menerapkan
kaidah-kaidah pembahasan dalil-dalil syara’ dalam rangka melahirkan
hukum Islam yang diambil dari dalil-dalilnya untuk diamalkan dalam kehidupan
sehari-hari.
7.
Ilmu Kalam
Mata pelajaran Ilmu Kalam di Madrasah Aliyah Program Keagamaan bertujuan untuk:
a. Meningkatkan
kemampuan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan peserta didik tentang ilmu
kalam sehingga menjadi muslim yang penuh tanggung jawab dan bijaksana dalam
kehidupan pribadi, masyarakat, berbangsa, dan bernegara.
b.
Menumbuhkembangkan
akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan,
pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang akidah Islam
sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya
kepada Allah SWT.
c. Mewujudkan
manusia Indonesia yang berakhlak mulia sebagai manifestasi dari ajaran dan nilai-nilai
akidah Islam.
C.
RUANG LINGKUP
1. Akhlak
Ruang lingkup mata pelajaran
Akhlak di Madrasah Aliyah Program Keagamaan
meliputi:
Aspek akhlak terdiri atas:
masalah akhlak yang meliputi pengertian akhlak, induk-induk akhlak terpuji dan
tercela, metode peningkatan kualitas akhlak; macam-macam akhlak terpuji seperti
husnuzhan, taubat, akhlak dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan
menerima tamu, adil, rida, amal salih, persatuan dan kerukunan, akhlak terpuji
dalam pergaulan remaja; serta pengenalan tentang tasawuf. Ruang lingkup akhlak tercela meliputi: riya,
aniaya dan diskriminasi, perbuatan dosa besar (seperti mabuk-mabukan, berjudi,
zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba), ishraf, tabdzir, dan fitnah.
2. Sejarah Kebudayaan Islam
Ruang
lingkup mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam di
Madrasah Aliyah Program Keagamaan meliputi :
a.
Dakwah Nabi Muhammad pada periode
Makkah dan periode Madinah.
b. Kepemimpinan
umat setelah Rasulullah SAW wafat.
c. Perkembangan
Islam periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650 M – 1250 M
d. Perkembangan
Islam pada abad pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800 M)
e.
Perkembangan Islam pada masa
modern/zaman kebangkitan (1800-sekarang)
f.
Perkembangan Islam di Indonesia
dan di dunia.
3.
Bahasa Arab
Mata pelajaran bahasa Arab di
Madrasah Aliyah Program Keagamaan terdiri atas bahan yang berupa
wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog tentang المدرسة، المسجد، المسلم، العمل، الحياة
الدينية، الأخلاق الكريمة، القرآن الكريم،
عمليات التعليم، التجارة، العلوم والمعارف، التنَزه، untuk melatih keempat aspek kemampuan berbahasa, yaitu
menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
4.
Tafsir
Ruang lingkup mata pelajaran
Tafsir di Madrasah Aliyah Program Keagamaan meliputi Ilmu Tafsir dan Tafsir.
Bidang Ilmu Tafsir meliputi:
a.
Pengertian tafsir dan lmu tafsir
b.
Sejarah penafsiran al-Qur’an
sejak masa Nabi, sahabat, tabi’in, hingga masa tadwin.
c.
Qira'at al-Qur'an.
d.
Asbaabun nuzaul dan fungsinya dalam
penafsiran al-Qur'an
e.
Tafsir bil ma’tsuur dan bir
ra’yi
f.
Kaidah-kaidah tafsir al-Qur'an
g.
Metode analisis (tahliili)
dan tafsir tematik (maudhuu’i)
Adapun bidang
Tafsir al-Qur'an berupa ayat-ayat pilihan yang meliputi:
a.
Ayat-ayat al-Qur'an tentang makanan yang halal,
sehat dan bergizi, dan bahaya minuman keras
b.
Ayat-ayat al-Qur'an tentang
pendayagunaan akal pikiran, pentingnya pengembangan ilmu, dan pemanfaatan alam
semesta bagi kehidupan manusia.
c.
Ayat-ayat al-Qur'an tentang tata
cara menyelesaikan perselisihan, musyawarah, dan ta’aruf dalam kehidupan.
d.
Ayat-ayat al-Qur'an tentang
kepemimpinan, syarat-syarat, tugas dan tanggung jawab pemimpin.
e.
Ayat-ayat al-Qur'an tentang
pembinaan pribadi dan keluarga, serta pembinaan masyarakat secara umum.
5. Hadis
Ruang lingkup mata
pelajaran Hadis di Madrasah Aliyah Program Keagamaan meliputi bidang Ilmu Hadis
dan Hadis. Bidang Ilmu Hadis meliputi:
a.
Pengertian dan macam-macam ilmu
hadis.
b.
Sejarah perkembangan hadis.
c.
Cara menerima dan menyampaikan hadis.
d.
Pemahaman tentang pembagian hadis berdasarkan jumlah perawinya,
kualitas sanad, dan tempat penyandarannya.
e.
Macam-macam hadis berdasarkan
sifat sanad.
f.
Macam-macam hadis ditinjau dari
diterima atau ditolaknya menjadi hujjah.
g.
Ilmu jarh dan ta’diil.
h.
Pengenalan sejarah sigkat pentakhrij hadis yang dikenal sebagai
perawi hadis.
i.
Pengenalan kitab-kitab hadis.
Adapun tema-tema yang dibahas dari
perspektif hadis adalah:
a.
Manusia dan tugasnya
sebagai khalifah di bumi.
b.
Demokrasi.
c.
Keikhlasan dalam
beribadah.
d.
Nikmat Allah dan cara
mensyukurinya.
e.
Perintah menjaga
kelestarian lingkungan hidup.
f.
Pola hidup sederhana
dan perintah menyantuni para duafa.
g.
Berkompetisi dalam
kebaikan.
h.
Amar ma’ruf nahi
munkar.
i.
Ujian dan cobaan
manusia.
j.
Tanggung jawab
manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
k.
Berlaku adil dan
jujur.
l.
Toleransi dan etika
pergaulan.
m.
Etos kerja.
n.
Makanan yang halal
dan baik.
o.
Ilmu pengetahuan dan
teknologi.
6.
Fikih
Ruang lingkup mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Program Keagamaan meliputi bidang
Usul Fikih dan Fikih. Bidang Usul Fikih meliputi:
a.
Mengetahui dan memahami
prinsip-prinsip, kaidah-kaidah dan tatacara pelaksanaan hukum Islam baik yang
menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk dijadikan pedoman hidup dalam
kehidupan pribadi dan sosial.
b.
Melaksanakan dan mengamalkan
ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik, sebagai perwujudan dari ketaatan
dalam menjalankan ajaran agama Islam baik dalam hubungan manusia dengan Allah
SWT, dengan diri manusia itu sendiri, sesama manusia, dan makhluk lainnya
maupun hubungan dengan lingkungannya.
c.
Usul-fikih: pengertian, tujuan
mempelajarinya, dan sejarahnya.
d.
Hukum syara’, sumber hukum Islam
yang muttafaq dan mukhtalaf.
e.
Kaidah-kaidah usul fikih.
f.
Masalah pengembangan hukum Islam.
Adapun kajian Fikih meliputi:
a.
Prinsip-prinsip ibadah dan
syari’at dalam Islam.
b.
Hukum Islam dan
perundang-undangan tentang zakat dan haji, hikmah dan pengelolaannya.
c.
Hikmah kurban dan akikah.
d.
Ketentuan hukum Islam tentang
pengurusan jenazah.
e.
Hukum Islam tentang kepemilikan.
f.
Konsep perekonomian dalam Islam
dan hikmahnya.
g.
Hukum Islam tentang pelepasan dan
perubahan serta harta beserta hikmahnya.
h.
Hukum Islam tentang wakaalah
dan sulhu beserta hikmahnya.
i.
Hukum Islam tentang dhaman
dan kafaalah beserta hikmahnya.
j.
Riba, bank dan asuransi.
k.
Ketentuan Islam tentang jinayah, huduud
dan hikmahnya.
l.
Ketentuan Islam tentang peradilan
dan hikmahnya.
m.
Hukum Islam tentang keluarga,
waris.
n.
Ketentuan Islam tentang siyaasah syar’iyyah.
7.
Ilmu Kalam
Ruang lingkup mata pelajaran Ilmu Kalam adalah mata
pelajaran yang memberi bekal peserta didik untuk memahami pemikiran ulama dalam
hal berakidah yang benar dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ruang
lingkup materi/bahan kajian pelajaran Ilmu Kalam meliputi:
a.
Aspek Kesejarahan
Aspek kesejarahan ini meliputi sub-sub aspek: sejarah
pertumbuhan dan perkembangan ilmu kalam seperti aspek politik, ekonomi,
geografis, munculnya aliran-aliran dalam ilmu kalam dan ketokohan para pemimpinnya.
Aliran-aliran kalam: Khawarij, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Murji`ah,
Salafiyah, Mu`tazilah, Ahlu Sunnah,
Asy`ariyah, dan Maturidiyah.
b.
Aspek Pemikiran
Aspek pemikiran dalam ilmu kalam: seperti batasan mukmin dan
kafir, fungsi wahyu dan akal, kekuasaan, perbuatan, keadilan, dan sifat-sifat
Tuhan, kehendak, kekuasan dan perbuatan manusia, serta pemikiran modern dalam
teologi Islam.
c.
Aspek Akidah
Aspek akidah terdiri atas:
prinsip-prinsip akidah dan metode peningkatannya, al-asma'al-husna, macam-macam tauhid seperti tauhiid uluuhiyah, tauhiid
rubuubiyah, tauhiid ash-shifat wa al-af’al, tauhiid rahmaniyah, tauhiid
mulkiyah dan lain-lain, syirik dan implikasinya dalam kehidupan, pengertian
dan fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu-ilmu lainnya, dan
aliran-aliran dalam ilmu kalam (klasik dan modern).
D.
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI
DASAR
1.
AKHLAK
a. Kelas XI, Semester 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Membiasakan perilaku terpuji
|
1.1 Menjelaskan akhlak
berpakaian dan berhias
1.2 Menjelaskan contoh
orang yang berakhlak baik dalam berpakaian dan berhias
1.3 Membiasakan akhlak
yang baik dalam berpakaian dan berhias
1.4 Menjelaskan akhlak
dalam perjalanan
1.5 Menjelaskan contoh
orang yang berakhlak baik dalam perjalanan
1.6 Membiasakan akhlak
yang baik dalam perjalanan
1.7 Menjelaskan akhlak
bertamu dan menerima tamu
1.8 Menjelaskan contoh
orang yang berakhlak baik dalam bertamu dan menerima tamu
1.9 Membiasakan akhlak
yang baik dalam bertamu dan menerima tamu
|
2. Menghindari akhlak tercela
|
2.1 Menjelaskan masalah
isyraf dan tabdzir
2.2 Menjelaskan contoh
orang yang berprilaku isyraf dan tabdzir
2.3 Menjelaskan bahaya
prilaku isyraf dan tabdzir
2.4 Menghindari
perilaku isyraf dan tabdzir
2.5 Menjelaskan masalah
mencaci, ghibah, dan namimah
2.6 Menjelaskan contoh
orang yang mencaci, ghibah, dan namimah
2.7 Menjelaskan bahaya
perilaku mencaci, ghibah, dan namimah.
2.8 Menghindari
perilaku mencaci, ghibah, dan namimah
|
3. Memahami kisah orang-orang salih
|
3.1 Menjelaskan nasihat-nasihat Luqman Hakim
3.2
Mengamalkan nasihat-nasihat Luqman Hakim dalam
kehidupan sehari-hari
3.3
Menjelaskan akhlak Ashabul Kahfi
3.4
Meneladani akhlak Ashabul Kahfi
3.5
Menjelaskan akhlak Siti Maryam
3.6
Meneladani akhlak Siti Maryam
|
|
|
b. Kelas XI, Semester 2
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami
tasawuf
|
1.1 Menjelaskan
pengertian tasawuf
1.2 Menjelaskan sumber tasawuf dari
al-Quran dan al-Sunnah
1.3 Menjelaskan
esensi tasawuf
1.4 Menjelaskan teladan sufi Nabi dan
sahabat Nabi
1.5 Menjelaskan
hubungan antara tasawuf dengan akhlak
|
2.
Memahami istilah-istilah
dalam tasawuf
|
2.1 Menjelaskan
pengertian maqamat, dan al-ahwal dalam tasawuf
2.2 Menunjukkan contoh
orang yang memiliki maqamat,
dan al-ahwal dalam tasawuf
2.3 Mengaitkan maqamat
dan al-ahwal dalam tasawuf dengan fenomena sosial
|
3.
Mengenal tasawuf sunni dan tasawuf falsafi serta tokoh-tokohnya
|
3.1
Menjelaskan pengertian tasawuf sunni dan tasawuf
falsafi, serta tokoh-tokohnya
3.2
Menjelaskan Hasan Basri dan ajarannya
3.3
Menjelaskan Rabi’ah Al-Adawiyah dan
ajarannya
3.4
Menjelaskan Dzun Nun Al-Misri dan
ajarannya
3.5
Menjelaskan Al-Ghazali dan ajarannya
3.6
Menjelaskan Abu Yazid al-Bustami dan
ajarannya
3.7
Menjelaskan Al-Hallaj dan ajarannya
3.8
Menjelaskan Muhy al-Din Ibn `Araby dan ajarannya
|
|
|
c. Kelas XII, Semester 1
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Mengenal tarikat dan tokoh-tokoh serta ajarannya
|
1.1 Menjelaskan tarikat Qadiriyah dan ajarannya
1.2 Menjelaskan tarikat Rifa’iyah dan ajarannya
1.3 Menjelaskan tarikat Syaziliyah dan ajarannya
1.4 Menjelaskan tarikat Maulawiyah dan ajarannya
1.5 Menjelaskan tarikat Syatiriyah dan ajarannya
1.6 Menjelaskan
tarikat Naqsabandiyah dan
ajarannya
1.7 Menjelaskan
tarikat Suhrawardiyah dan
ajarannya
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
2. Mengenal tarikat mu’tabarah di
Indonesia dan ajarannya
|
2.1 Menjelaskan tarikat-tarikat mu’tabarah
di Indonesia dan tokoh-tokohnya
2.2 Membandingkan antara tarikat-tarikat
mu’tabarah di Indonesia
2.3 Mengaitkan ajaran-ajaran tarikat mu’tabarah
di Indonesia dengan fenomena kehidupan sekarang
|
3.
Memahami peran tasawuf dalam
kehidupan modern
|
3.1 Menjelaskan problematika masyarakat modern
3.2 Menjelaskan relevansi tasawuf dalam
kehidupan modern
3.3 Menjelaskan peranan tasawuf dalam
kehidupan modern
|
|
|
d.
Kelas XII, Semester 2
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami kewajiban-kewajiban manusia
|
1.1
Menjelaskan kewajiban manusia terhadap Allah dan Rasul-Nya
2.2
Melaksanakan kewajiban terhadap Allah dan Rasul-Nya
2.3 Menjelaskan
kewajiban manusia terhadap diri
sendiri, kedua orang tua, dan keluarga
2.4 Melaksanakan kewajiban terhadap diri
sendiri, kedua orang tua, dan keluarga
2.5 Menjelaskan kewajiban terhadap sesama
muslim dan sesama manusia
2.6 Melaksanakan kewajiban terhadap sesama
muslim dan sesama manusia
|
2. Menghindari akhlak tercela
|
2.1 Menjelaskan pengertian dosa besar
2.2 Menjelaskan contoh orang yang berbuat dosa
besar
2.3 Menghindari perilaku dosa besar
|
3. Memahami kisah orang-orang durhaka
|
3.1 Menjelaskan
perilaku tercela Abu Lahab dan istrinya
3.2 Menghindari
perilaku tercela seperti yang ada pada Abu Lahab dan istrinya
3.3
Menjelaskan perilaku tercela istri Nabi Luth
3.4
Menghindari perilaku tercela seperti yang ada pada istri Nabi Luth
|
2.
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
a. Kelas XI, Semester 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Memahami keteladanan dakwah Rasulullah dalam
membina umat
|
1.1 Menceritakan
sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah dan Madinah.
1.2 Mendeskripsikan
substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW pada periode Makkah dan
Madinah.
1.3 Mengidentifikasi
hasil-hasil perjuangan Rasullullah SAW
dalam dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah.
1.4 Mengambil ibrah
dari perjuangan Rasullullah SAW dalam
dakwah Islam pada periode Makkah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan
yang akan datang
|
2. Memahami masalah kepemimpinan umat Islam
pasca Nabi wafat
|
2.1 Menceritakan proses
dan model pemilihan kepemimpinan pada masa Khulafaur Rasyidin
2.2 Mendeskripsikan
strategi kepemimpinan Khulafaurrasyidin
2.3 Mengambil ibrah
dari kepemimpinan Khulafaurrasyidin untuk kepentingan masa kini dan yang akan
datang
|
|
|
b. Kelas XI, Semester 2
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
3. Memahami perkembangan Islam periode klasik
(zaman keemasan) pada tahun 650 M – 1250 M
|
3.1 Menjelaskan
perkembangan Islam pada periode klasik
3.3
Mengambil ibrah dari perkembangan Islam
pada periode klasik untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
3.4
Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam
perkembangan Islam pada periode klasik
|
4. Memahami
perkembangan Islam pada periode pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800
M)
|
4.1 Menjelaskan
perkembangan Islam pada abad pertengahan
4.2
Menceritakan sebab-sebab kemunduran Islam pada
abad pertengahan
4.3
Mengambil ibrah dari peristiwa
perkembangan Islam pada periode pertengahan untuk kepentingan masa kini dan
yang akan datang
|
|
|
c. Kelas XII, Semester 1
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami
perkembangan Islam pada masa modern /zaman kebangkitan (1800-sekarang)
|
1.1 Menjelaskan
perkembangan Islam pada masa modern
1.2 Mengidentifikasi
peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam
perkembangan Islam pada masa modern
1.3
Mengambil ibrah dari peristiwa
perkembangan Islam pada masa modern
1.4 Meneladani
tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada masa modern
|
2. Memahami perkembangan Islam di Indonesia
|
2.1 Menjelaskan
perkembangan Islam di Indonesia
2.2 Mengidentifikasi
peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam
perkembangan Islam di
Indonesia
2.3
Mengambil ibrah dari peristiwa
perkembangan Islam di Indonesia
2.4 Meneladani
tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di Indonesia
|
|
|
d. Kelas XII, Semester 2
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.
Memahami perkembangan Islam di dunia
|
3.1 Menjelaskan
perkembangan Islam di dunia
3.2 Mengidentifikasi
peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam
perkembangan Islam di dunia
3.3
Mengambil ibrah dari peristiwa
perkembangan Islam di dunia
3.4
Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam
perkembangan Islam di dunia
|
3.
BAHASA ARAB
a. Kelas XI, Semester 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.
Menyimak
Memahami
informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang المدرسة، المسجد، المسلم، العمل
|
1.1 Mengidentifikasi
bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat
1.2 Menangkap makna dan
gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat
|
2.
Berbicara
Mengungkapkan
informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang
المدرسة، المسجد، المسلم، العمل
|
2.1 Menyampaikan
gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat
2.2 Melakukan
dialog sesuai konteks dengan tepat dan
lancar
|
3.
Membaca
Memahami wacana
tulis berbentuk paparan atau dialog tentang المدرسة، المسجد، المسلم، العمل
|
3.1 Melafalkan dan
membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar
3.2 Mengidentifikasi
bentuk dan tema wacana secara tepat
3.3 Menemukan makna dan
gagasan atau ide wacana tulis secara tepat
|
4.
Menulis
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang
المدرسة، المسجد، المسلم، العمل
|
4.1 Menulis kata,
frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan
dan tanda baca yang tepat
4.2
Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang
benar
|
|
Keterangan
Tema-tema tersebut di atas menggunakan
struktur kalimat
الجملة الاسمية والجملة الفعلية، حروف النواصب (إن-أن-لكن-لا النافية للجنس)، المزيد بحرف ومزيد
بحرفين وبثلاثة أحرف، المصدر الصريح والمصدر المؤول، الأفعال الخمسة، نعت لأجزاء الجملة والإضافة، المفعول به المقدم
|
b. Kelas XI,
Semester 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Mendengar
Memahami informasi lisan berbentuk paparan
atau
dialog
الحياة الدينية، الأخلاق الكريمة، القرآن الكريم
|
1.1
Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau
kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat
1.2 Menangkap makna dan
gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat
|
2.
Berbicara
Mengungkapkan
informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog
الحياة الدينية، الأخلاق الكريمة، القرآن الكريم
|
2.1
Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan
dengan lafal yang tepat
2.2 Melakukan
dialog sesuai konteks dengan tepat dan
lancar
|
3.
Membaca
Memahami wacana
tulis berbentuk paparan atau dialog tentang
الحياة الدينية، الأخلاق الكريمة، القرآن الكريم
|
3.1
Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan
wacana tulis dengan benar
3.2
Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara
tepat
3.3
Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana
tulis secara tepat
|
4.
Menulis
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang
الحياة الدينية، الأخلاق الكريمة، القرآن الكريم
|
4.1
Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang
tepat
4.2
Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang
benar
|
|
Keterangan
Tema-tema
tersebut di atas menggunakan struktur kalimat
النعت من
الأسماء الموصولة والمنسوب إليها، الحال، المستثنى بإلاّ، لام التعليل ولام الجحود وحتى،
بعض أدوات الشرط الجازمة وغير الجازمة
|
c. Kelas XII,
Semester 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menyimak
Memahami
informasi lisan berbentuk paparan atau dialog
التنَزه عمليات التعليم، التجارة، العلوم والمعارف،
|
1.2 Mengidentifikasi
bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat
1.3 Menangkap makna dan
gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat
|
2.
Berbicara
Mengungkapkan
informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog
عمليات التعليم، التجارة، العلوم والمعارف، التنَزه
|
2.1 Menyampaikan
gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat
2.2 Melakukan dialog
sesuai konteks dengan tepat dan lancar
|
3.
Membaca
Memahami wacana
tulis berbentuk paparan atau dialog tentang
عمليات التعليم، التجارة، العلوم والمعارف، التنَزه
|
3.1 Mengidentifikasi
bentuk dan tema wacana secara tepat
3.2 Menemukan makna dan
gagasan atau ide wacana tulis secara tepat
|
4.
Menulis
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang
عمليات التعليم، التجارة، العلوم والمعارف، التنَزه
|
4.1 Menulis kata,
frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan
dan tanda baca yang tepat
4.2 Mengungkapkan
gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata,
frasa, dan struktur yang benar
|
|
Keterangan
Tema-tema
tersebut di atas menggunakan struktur kalimat
الجملة الفعلية بعد النكرات وبعد
المعارف، اسم التفضيل وسائر أسماء
الصفات، اتصال ضمائر الرفع بالفعل المعتلّ، الأسماء الخمسة، المفعول المطلق والمفعول لأجله، المبنى والمعرب من
الأسماء والأفعال المضارعة
|
d. Kelas XII, Semester 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menyimak
Memahami
informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang
العالم العربي، أهمية اللغة
العربية، اللغة العربية والمجتمع
|
1.1
Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau
kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat
1.2 Menangkap makna dan
gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat
|
2.
Berbicara
Mengungkapkan
informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog
العالم العربي ، أهمية اللغة العربية، اللغة العربية والمجتمع
|
2.1
Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan
dengan lafal yang tepat
2.2 Melakukan
dialog sesuai konteks dengan tepat dan
lancar
|
3.
Membaca
Memahami wacana
secara lisan dan tulis berbentuk paparan atau dialog
العالم العربي ، أهمية اللغة العربية، اللغة العربية والمجتمع
|
3.1 Melafalkan dan
membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar
3.2 Mengidentifikasi
bentuk dan tema wacana secara tepat
3.3 Menemukan makna dan
gagasan atau ide wacana tulis secara tepat
|
4.
Menulis
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog
العالم العربي، أهمية اللغة
العربية، اللغة العربية والمجتمع
|
4.1
Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang
tepat
4.1
Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara
tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang
benar
|
|
Keterangan
Tema-tema tersebut di atas menggunakan struktur kalimat
التشبيه، المجاز، الكناية، القصر
|
4.
TAFSIR
a. Kelas XI, Semester 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Memahami tafsir dan
lmu tafsir
|
1.1 Menjelaskan
pengertian tafsir al-Qur'an
1.2 Menjelaskan
pengertian ilmu tafsir
1.3 Membedakan tafsir dan ilmu tafsir
|
2. Menganalisis
sejarah penafsiran al-Qur'an sejak masa Nabi, sahabat, tabi’in, hingga
masa tadwin
|
2.1 Mendeskripsikan
sejarah tafsir al-Qur'an pada periode Nabi Muhammad SAW
2.2 Mendeskripsikan
sejarah tafsir al-Qur'an pada periode sahabat
2.3 Mendeskripsikan
sejarah tafsir al-Qur'an pada periode tabi’in
2.4 Mendeskripsikan
sejarah tafsir al-Qur'an pada periode tadwiin (pembukuan)
|
3. Memahami qiraat
al-Qur'an.
|
3.1 Menjelaskan
macam-macam qira’at al-Qur'an.
3.2 Menjelaskan kaidah qira’at
yang sahih.
3.3 Mengidentifikasi
faedah beraneka ragamnya qira’at al-Qur'an
|
4. Memahami ayat-ayat
al-Qur'an tentang makanan yang halal, sehat dan bergizi, dan bahaya minuman
keras
|
4.1 Menjelaskan makanan
yang halal, dan bergizi (a.l. QS al-Baqarah: 172-173 dan QS al-Maaidah
: 87-88
4.2 Menjelaskan
pentingnya makanan sehat dan bergizi (a.l. QS an-Nahl : 66 dan QS an-Nahl
: 68-69)
4.3 Menghindari bahaya
minuman keras dan perbuatan keji (a.l. QS al-Baqarah : 219 dan QS al-Maaidah:
90-91)
|
5. Memahami ayat-ayat
al-Qur'an tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya
|
5.1 Mengartikan QS an-Nuur:
54; QS an-Nisaa’ : 80 tentang taat kepada Allah dan
rasul-Nya.
5.2 Menjelaskan
kandungan QS an-Nuur: 54; QS an-Nisaa’: 80 tentang taat kepada
Allah dan rasul-Nya.
5.3 Menunjukkan
perilaku orang yang mengamalkan QS an-Nuur: 54; QS an-Nisaa’:
80 tentang taat kepada Allah dan rasul-Nya
5.4 Menerapkan dalam
kehidupan perilaku untuk taat kepada Allah dan Rasul-Nya seperti yang
terkandung dalam QS an-Nuur: 54; QS an-Nisaa’: 80 tentang taat
kepada Allah dan Rasul-Nya
|
6. Memahami ayat-ayat
al-Qur'an tentang kebesaran dan kekuasaan Allah
|
6.1 Mengartikan QS an-Nahl:
65-70.QS al-Baqarah: 164; QS an-Nahl:72; QS al-Israa’:
12;QS al-Anbiyaa’:30 tentang kebesaran dan kekuasaan Allah
6.2 Menjelaskan
kandungan QS an-Nahl: 65-70; QS al-Baqarah: 164; QS an-Nahl:72;
QS al-Israa’: 12;QS al-Anbiyaa’:30 tentang kebesaran dan
kekuasaan Allah
6.3 Menunjukkan
perilaku orang yang mengamalkan QS an-Nahl: 65-70.QS al-Baqarah:
164; QS an-Nahl:72; QS al-Israa’: 12;QS al-Anbiyaa':30
tentang kebesaran dan kekuasaan Allah
6.4 Menerapkan dalam
kehidupan untuk meningkatkan keimanan dengan adanya kebesaran dan kekuasaan
Allah seperti yang terkandung dalam QS an-Nahl: 65-70.QS al-Baqarah:
164; QS an-Nahl:72; QS al-Israa’: 12;QS al-Anbiyaa':30
dalam kehidupan sehari-hari
|
7. Memahami ayat-ayat
al-Qur'an tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
|
7.1 Mengartikan QS az-Zuhruf:
9-13, QS al-’Ankabuut: 17 tentang syukur.
7.2 Menjelaskan
kandungan QS az-Zuhruf: 9-13, QS al-’Ankabuut:17 tentang
syukur.
7.3 Menunjukkan
perilaku orang yang mengamalkan QS az-Zuhruf: 9-13, QS al-’Ankabuut:
17 tentang syukur.
7.4 Mengidentifikasikan
macam-macam nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam QS az-Zuhruf:
9-13.
7.5 Melaksanakan
cara-cara mensyukuri nikmat Allah seperti yang terkandung dalam QS al-’Ankabuut:
17 tentang syukur nikmat
|
b. Kelas XI,
Semester 2
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami aya-ayat al-Qur'an tentang pola hidup
sederhana dan perintah menyantuni para duafa
|
1.1 Mengartikan QS al-Qashash:
79-82; QS al-Israa’: 26-27,
29-30, QS Al-Baqarah : 177 dan
hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa.
1.2 Menjelaskan
kandungan QS al-Qashash: 79-82;
QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS Al-Baqarah : 177 dan
hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa.
1.3 Mengiden tifikasi
perilaku orang yang
mengamalkan QS al-Qashash:
79-82; QS al-Israa’: 26-27,
29-30, QS Al-Baqarah : 177 tentang hidup sederhana. dan perintah menyantuni
para Duafa
1.4 Menerapkan perilaku
hidup sederhana
dan menyantuni kaum duafa QS al-Qashash:
79-82; QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah
: 177 tentang hidup sederhana dan
perintah dan menerapkan menyantuni para duafa dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.
Memahami ayat-ayat al-
Qur'an tentang
pemanfaatan
kekayaan alam
|
2.1 Mengartikan QS al-Baqarah:
267-268;
QS al-Ma’aarij:
19-25 tentang pemanfaatan kekayaan alam
2.2Menjelaskan kandungan
QS al-Baqarah : 267-268; QS al-Ma’aarij: 19-25 tentang
pemanfaatan kekayaan alam
2.3 Menunjukkan perilaku
orang yang
mengamalkan QS al-Baqarah:
267-268; QS al-Ma’aarij: 19-25 tentang
pemanfaatan kekayaan alam
2.4Menerapkan cara
memanfaatkan kekayaan alam seperti yang terkandung dalam QS al-Baqarah: 267-268; QS al-Ma’aarij: 19-25 tentang pemanfaatan kekayaan alam
|
3. Memahami ayat-ayat al-
Qur'an tentang berkompe-
tisi dalam kebaikan
|
3.1 Mengartikan
QS Al-Baqarah :148; QS
al-Faathir : 32 dan QS an-Nahl : 97
3.2 Menjelaskan kandungan QS al-Baqarah :148 ; QS al-Faathir:
32 dan QS an-Nahl: 97
3.3 Menceritakan perilaku
orang orang yang mengamalkan QS al-Baqarah:148; QS al-Faathir: 32 dan QS an-Nahl
: 97
3.4 Menerapkan perilaku
berkompetisi dalam kebaikan. seperti yang terkandung dalam QS al-Baqarah:148,
al-Faathir: 32 dan QS an-Nahl:
97
|
4. Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang amar
ma'ruf nahi munkar
|
4.1 Mengartikan QS Ali Imraan: 104; QS al-
Maa’idah: 78-80; QS ash-Shaaf:3 tentang amar ma'ruf nahi munkar.
4.2 Menjelaskan kandungan QS Ali Imraan:
104; QS al-Maaidah:78-80;
QS ash-Shaaf: 3, tentang amar ma'ruf nahi munkar.
4.3. Menunjukkan perilaku orang yang
mengamalkan QS Ali Imraan : 104; QS al-Maaidah:78-80; QS ash-Shaaf:3, tentang amar ma'ruf nahi munkar
4.4. Melaksanakan amar makruf nahi munkar
seperti yang terkandung dalam QS Ali
Imraan: 104; QS al-Maaidah:78-80; QS ash-Shaaf:3, tentang amar
ma'ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari.
|
5.
Memahami ayat al-Qur'an tentang ujian dan cobaan
|
5.1 Mengartikan
QS al-Baqarah: 155 tentang ujian dan cobaan.
5.2 Menjelaskan
kandungan QS al-Baqarah: 155 tentang ujian dan cobaan.
5.3 Menunjukkan perilaku orang yang
mengamalkan QS al-Baqarah:
155
tentang ujian dan cobaan.
5.4 Menerapkan perilaku tabah dan sabar
dalam menghadapi ujian dan cobaan
seperti yang terkandung dalam QS al-
Baqarah: 155 tentang ujian dan
cobaan.
|
6.
Memahami ayat-ayat al- Qur'an tentang pendayagunaan akal pikiran,
pentingnya pengembangan ilmu, dan
pemanfaatan alam
semesta bagi kehidupan manusia.
|
6.1
Menjelaskan pentingnya pendayagunaan akal
fikiran dengan baik (a.l. QS Faathir : 27-28)
6.2
Menjelaskan pentingnya pengembangan ilmu
pengetahuan (a.l. QS al-’Alaq : 1-5, QS Fushshilat : 53-54)
6.3
Menjelaskan pemanfaatan alam semesta bagi
kesejahteraan hidup manusia (QS al-Baqarah : 29, QS al-Jaatsiyah
: 12)
|
7. Memahami ayat-ayat
Al Qur'an tentang tata cara menyelesaikan
perselisihan, musyawarah, dan taaruf
dalam kehidupan
|
7.1
Menjelaskan tata cara menyelesaikan perselisihan
dan masalah dengan baik (a.l. QS Ali Imraan : 159, QS al-Hujuraat :
9)
7.2
Mendeskripsikan konsep taaruf dalam kehidupan
(a.l. QS al-Hujuraat : 13)
|
8.
Memahami ayat-ayat al- Qur'an
tentang kepemimpinan, syarat-syarat, tugas dan tanggungjawab pemimpin
|
8.1
Menjelaskan tentang kepemimpinan (a.l. QS an-Nisaa’ : 59, QS al-Baqarah
: 247)
8.2 Mengidentifikasi
syarat-syarat pemimpin (a.l. QS al-Maaidah : 57, QS at-Taubah : 71)
8.3
Menjelaskan tugas dan tanggungjawab pemimpin (a.l. QS an-Nisaa’ : 58)
|
|
|
c. Kelas
XII, Semester 1
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami ayat-ayat al-
Qur'an tentang kewajiban
berdakwah
|
1.1
Mengartikan QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa:
214-216, al-Hijr: 94-96, tentang kewajiban berdakwah.
1.2
Menjelaskan kandungan QS an-Nahl: 125; QS
asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, tentang kewajiban
berdakwah.
1.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS an-Nahl
125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, tentang
kewajiban berdakwah.
1.4
Menerapkan strategi berdakwah seperti yang
terkandung dalam QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr:
94-96, tentang berdakwah dalam kehidupan sehari-hari.
|
2. Memahami ayat-ayat al-
Qur'an tentang tanggung
jawab manusia terhadap
keluarga dan masyarakat
|
2.1 Mengartikan QS at-Tahriim:6, QS Thaahaa:
132; QS al-An’aam:70 ;QS an-Nisaa’:36 dan QS Huud:
117-119 tentang tanggungjawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
2.2 Menjelaskan kandungan QS at-Tahriim:
6, QS Thaahaa:132; QS al-An’aam: 70; QS an-Nisaa’:36 dan
QS Huud:117-119 tentang tanggungjawab manusia terhadap keluarga dan
masyarakat.
2.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS at-Tahriim:6, QS Thaahaa:132;
QS al-An’aam:70; QS an-Nisaa’:36 dan QS Huud:117-119
tentang tanggungjawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
2.5
Menerapkan tanggung jawab manusia terhadap
keluarga dan masyarakat seperti yang terkandung dalam QS at-Tahriim:6,
QS Thaahaa:132; QS al-An’aam:70; QS an-Nisaa’:36 dan QS Huud:
117-119 tentang tanggungjawab manusia dalam kehidupan sehari-hari
|
3. Memahami ayat-ayat al-
Qur'an tentang
kepemimpinan
|
3.1
Mengartikan QS Ali Imraan:26; QS an-Nisaa’:58;
QS an-Nisaa’:144; QS al-Maaidah:56-57; QS at-Taubah:71
tentang kepemimpinan.
3.2
Menjelaskan kandungan QS Ali Imraan:26;
QS an-Nisaa’:58; QS an-Nisaa’:144;
QS al-Maaidah:56-57; QS at-Taubah:71 tentang kepemimpinan
3.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS Ali Imraan:26; QS an-Nisaa’:58;
QS an-Nisaa’:144; QS al-Maa‘idah:56-57; QS at-Taubah:71
tentang kepemimpinan.
3.4
Menerapkan konsep kepemimpinan seperti yang
terkandung dalam QS Ali Imraan:26; QS an-Nisaa’:58; QS an-Nisaa’:144;
QS al-Maa‘idah:56-57; QS at-Taubah:71 tentang kepemimpinan.
|
4.
Memahami ayat-ayat al-
Qur'an tentang
menyelesaikan
perselisihan
|
4.1. Mengartikan QS an-Nisaa’:
59; QS al-Hujuraat:9; QS al-A’raaf: 199; QS an-Nahl:126
tentang menyelesaikan perselisihan
4.2. Menjelaskan
kandungan QS an-Nisaa’: 59; QS al-Hujuraat:9; QS al-A’raaf:
199; QS an-Nahl:126 tentang menyelesaikan perselisihan.
4.3. Menunjukkan
perilaku orang yang mengamalkan QS an-Nisaa’: 59; QS al-Hujuraat:9;
QS al-A’raaf: 199; QS an-Nahl:126 tentang menyelesaikan
perselisihan.
4.4. Melaksanakan
langkah-langkah dalam penyelesaikan perselisihan seperti yang terkandung
dalam QS an-Nisaa’: 59; QS al-Hujuraat:9; QS al-A’raaf:
199; QS an-Nahl:126 tentang menyelesaikan perselisihan dalam kehidupan
sehari-hari.
|
5.
Memahami ayat –ayat al-Qur'an tentang berlaku adil dan jujur
|
5.1
Mengartikan
QS al-Maaidah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’:
105 tentang berlaku adil dan jujur.
5.2
Menjelaskan kandungan QS al-Maaidah:
8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 tentang berlaku adil
dan jujur.
5.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QSal-Maaidah:
8-10; QSan-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 tentang berlaku adil
dan jujur.
5.4
Menerapkan perilaku adil dan jujur dalam
perkata-an dan perbuatan seperti yang terkandung dalam QS al-Maaidah:
8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’:105 tentang berlaku adil
dan jujur.
|
6. Memahami ayat-ayat al-
Qur'an tentang pembinaan pribadi dan keluarga, serta
pembinaan masyarakat secara umum
|
6.1
Meningkatkan kemauan dan kemampuan membina diri
pribadi dan keluarga (a.l. QS an-Nisaa’ : 9, QS al-Baqarah :
44-45)
6.2
Memiliki kemauan
dan kemampuan membina masyarakat dan sikap sebagai da'i (a.l. QS an-Nahl:
125, QS al-Baqarah: 177)
|
7. Memahami tafsir bil ma’tsur dan bir ra’yi
|
7.1 Menjelaskan
pengertian tafsir bil ma’tsur.
7.2 Menjelaskan
pengertian tafsir bir ra’yi.
7.3 Menunjukkan contoh
tafsir bil ma’tsur dan bir ra’yi.
7.4 Menerapkan cara
penafsiran bil ma’tsur dan bir ra’yi.
|
8. Memahami asbabun nuzul dan munasabah
dalam al-Qur'an
|
8.1 Menjelaskan
pengertian, pedoman dan pentingnya mengetahui asbaabun nuzuul
8.2 Menunjukkan
contoh-contoh asbaabun nuzuul
8.3 Mengidentifikasi
sikap seorang mufasir terhadap banyaknya riwayat mengenai sebab nuzuul
suatu ayat al-Qur'an.
8.4 Menunjukkan contoh
munasabah dalam
penafsiran al-Qur'an
|
|
|
d. Kelas XII, Semester 2
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang
toleransi dan etika pergaulan
|
1.1 Mengartikan QS al-Kaafiruun:
1-6; QS Yunus: 40-41; QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat:
10-13; QS Ali Imraan: 103 tentang etika pergaulan.
1.2 Menjelaskan
kandungan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yunus: 40-41; QS al-Kahfi:
29; QS al-Hujuraat: 10-13;QS Ali Imraan:103 tentang etika
pergaulan.
1.3 Menunjukkan
perilaku orang yang mengamalkan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yunus:
40-41;QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13; QS Ali Imraan:
103 tentang etika pergaulan.
1.4 Menerapkan perilaku
bertoleransi dan beretika dalam pergaulan seperti yang terkandung dalam QS al-Kaafiruun:
1-6; QS Yunus: 40-41;QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat:
10-13; QS Ali Imraan:103
tentang etika pergaulan dalam kehidupan sehari-hari.
|
2. Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang etika dalam majelis
|
2.1
Mengartikan QS al-Mujaadalah: 11 tentang
etika dalam majelis.
2.2
Menjelaskan kandungan QS al-Mujaadalah:11
tentang etika dalam majelis.
2.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS al-Mujaadalah:11
tentang etika dalam majelis.
2.4
Membiasakan beretika yang baik dalam majlis
seperti yang terkandung QS al-Mujaadalah:11 tentang etika dalam
majelis.
|
3. Memahami ayat-ayat al- Qur'an
tentang etos kerja
|
3.1 Mengartikan QS al-Jumu’ah
9-11; QS al-Qashash :77 etos kerja.
3.2 Menjelaskan
kandungan QS al-Jumu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 etos kerja.
3.3 Menunjukkan
perilaku orang yang mengamalkan QS al-Jumu’ah
9-11; QS al-Qashash :77 etos kerja
3.4 Menerapkan perilaku
beretos kerja seperti yang terkandung dalam
QS al-Jumu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 tentang etos kerja
|
4. Memahami ayat-ayat al-Qur'an
tentang makanan yang halal dan baik
|
4.1 Menerjemahkan QS al-Baqarah:168-169;
QS al-Baqarah 172-173 tentang makanan yang halal dan baik.
4.2 Menjelaskan
kandungan QS al-Baqarah:168-169; QS al-Baqarah 172-173 tentang
makanan yang halal dan baik.
4.3 Menunjukkan
perilaku orang yang mengamalkan QS al-Baqarah:168-169; QS al-Baqarah;
172-173 tentang makanan yang halal dan baik.
4.4 Mengidentifikasi
makanan yang halal dan baik seperti
yang terkandung dalam QS al-Baqarah:168-169; QS al-Baqarah
172-173 tentang makanan yang halal dan baik.
4.5 Menerapkan perilaku
memakan makanan yang halal dan baik seperti yang terkandung dalam QS al-Baqarah:168-169;
QS al-Baqarah 172-173 tentang makanan yang halal dan baik.
|
5. Mampu memahami ayat-ayat
al-Qur'an tentang potensi akal dan ilmu
|
5.1 Mengartikan QS al-Baqarah:
164; QS Ali Imraan:190-191;QS al-A’raaf: 179; QS al-Israa’:36;
QS ar-Rahmaan:1-4 tentang ilmu.
5.2 Menjelaskan
kandungan QS al-Baqarah: 164; QS Ali Imraan:190-191;QS al-A’raaf:
179; QS al-Israa’:36; QS ar-Rahmaan:1-4 tentang ilmu.
5.3 Menunjukkan
perilaku orang yang mengamalkan QS al-Baqarah:
164; QS Ali Imraan:190-191;QS al-A’raaf: 179; QS al-Israa’:36;
QS ar-Rahmaan:1-4 tentang ilmu.
5.4 Menfungsikan akal
untuk mempelajari ilmu- ilmu Allah seperti yang terkandung dalam QS al-Baqarah:
164; QS Ali Imraan:190-191;QS al-A’raaf: 179; QSal-Israa’:36;
QS ar-Rahmaan:1-4 tentang ilmu.
|
6. Memahami
ayat-ayat al-Qur'an tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.
|
6.1 Menerjemahkan QS al-’Alaq:
1-5, QS Yunus: 101; QS al-Baqarah: 164.
6.2 Menjelaskan
kandungan QS al-‘Alaq: 1-5; QS Yunus: 101; QS al-Baqarah: 164.
6.3 Menunjukkan
perilaku orang yang mengamalkan QS al-’Alaq: 1-5, QS Yunus:
101; QS al-Baqarah: 164.
6.4 Melakukan
pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti yang terkandung dalam QS al-’Alaq:
1-5, QS Yunus: 101; QS al-Baqarah: 164.
|
7. Memahami kaidah-kaidah tafsir al-Qur'an.
|
7.1
Menjelaskan kaidah-kaidah sederhana yang dibutuhkan oleh penafsir al-Qur'an.
7.2
Menerapkan contoh-contoh
penggunaan kaidah-kaidah
sederhana dalam menafsirkan al-Qur'an.
|
8. Mengenal
metode analisis
(tahliili) dan tafsir tematik
(maudhuu’i)
|
8.1
Menjelaskan macam-macam metode dalam menafsirkan al-Qur'an.
8.2
Menunjukkan contoh metode penafsiran al-Qur'an.
8.3 Menerapkan
metode-metode tafsir
dalam menafsirkan al-Qur'an.
|
9.
HADIS
a. Kelas XI, Semester 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Memahami ilmu hadis
|
1.1 Menjelaskan pengertian ilmu hadis
1.2 Menjelaskan macam-macam ilmu hadis dan faedah mempelajarinya
1.3 Menyebutkan pengarang ilmu hadis
|
3. Memahami cara menerima dan menyampaikan
hadis
|
3.1
Menjelaskan macam-macam cara penerimaan riwayat
hadis (tahaamulul hadis)
3.2
Menjelaskan lafal-lafal yang digunakan untuk
meriwayatkan hadis (adaa’ul hadis)
|
4. Memahami pembagian
hadis berdasarkan jumlah perawinya
|
4.1
Menjelaskan pengertian, syarat-syarat , macam-macam dan contoh hadis mutawatir
4.2
Menjelaskan pengertian dan klasifikasi hadis
ahad
|
5.
Memahami hadis berdasarkan
kualitas sanad
|
5.1 Menjelaskan pengertian,
syarat-syarat, klasifikasi dan contoh hadis shaahiih
5.2 Menjelaskan pengertian, klasifikasi, dan contoh hadis hasan
5.3 Menjelaskan hadis da’iif
5.4 Menjelaskan hadis da’iif berdasarkan gugur rawi dalam
sanad dan contohnya
5.5 Menjelaskan hadis da’iif berdasarkan cacat rawi dalam
sanad dan contohnya
|
10. Memahami hadis
berdasarkan tempat penyandarannya
|
6.1
Menjelaskan pengertian dan contoh hadis qudsi
6.2
Menjelaskan pengertian dan contoh hadis marfuu’
6.3
Menjelaskan pengertian dan contoh hadis mauquuf
6.4
Menjelaskan pengertian dan contoh hadis maqthuu’
|
|
|
b. Kelas
XI, Semester 2
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami macam-macam hadis berdasarkan sifat sanad
|
1.1
Menjelaskan hadis mutasil, musnad, mu’an’an,
musalsal, ‘ali dan naazil
1.2
Menunjukkan contoh-contoh hadis mutasil, musnad,
mu’an’an, musalsal, ‘ali dan naazil
|
2.
Memahami macam- macam hadis ditinjau dari
diterima atau ditolaknya menjadi hujah
|
2.1
Menjelaskan pengertian, macam-macam, dan
contoh hadis maqbul
2.2
Menjelaskan pengertian, macam-macam, dan
contoh hadis mardud
|
3.
Memahami ilmu jarh dan ta’dil
|
3.1 Menjelaskan pengertian jarh dan ta’dil
3.2
Menjelaskan susunan lafal yang digunakan untuk
melakukan al-jarh wa at-ta’dil
|
4.
Mengenal sejarah singkat sahabat yang banyak
meriwayatkan hadis dan pentakhrij hadis yang dikenal sebagai perawi
hadis
|
4.1
Menjelaskan sejarah singkat sahabat yang banyak
meriwayatkan hadis ( Abu Hurairah, ‘Abdullah ibn ‘Umar, Anas ibn Malik,
‘A’isyah Ummul Mu’minin
4.2
Menjelaskan sejarah singkat enam perawi hadis
(Imam Buhkori, Imam Muslim, Imam Abu Daud, Imam Turmudzi, Imam Nasa’i, Imam
Ibnu Majah)
4.3
Menunjukkan contoh karya-karya enam perawi hadis
(Imam Buhkori, Imam Muslim, Imam Abu Daud, Imam Turmudzi, Imam Nasa’i, Imam
Ibnu Majah)
|
5.
Memahami kitab kitab hadis
|
5.1
Menjelaskan kitab al-Jami’, as-Sunan,
al-Mushannaf, al-Mustadrak, al-Mustakhraj, al-Musnad, dan al-Mu’jam
5.2
Menyebutkan contoh kitab al-Jami’, as-Sunan,
al-Mushannaf, al-Mustadrak, al-Mustakhraj, al-Musnad, dan al-Mu’jam
5.3 Mengidentifikasi pengelompokan kitab hadis.
|
|
|
c. Kelas
XII, Semester 1
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami hadis tentang taat kepada Allah dan rasul-Nya
|
1.1
Mengartikan hadis tentang taat kepada Allah dan
Rasul-Nya.
1.2
Menjelaskan kandungan hadis tentang taat kepada
Allah dan Rasul-Nya.
1.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan
hadis tentang taat kepada Allah dan Rasul-Nya
1.4
Menerapkan dalam kehidupan perilaku untuk taat
kepada Allah dan Rasul-Nya seperti yang terkandung dalam hadis tentang taat
kepada Allah dan Rasul-Nya
|
2. Memahami hadis tentang kebesaran dan kekuasaan Allah
|
2.1
Mengartikan hadis tentang kebesaran dan
kekuasaan Allah
2.2
Menjelaskan kandungan hadis tentang kebesaran
dan kekuasaan Allah
2.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan
hadis tentang kebesaran dan kekuasaan Allah
2.4
Menerapkan dalam kehidupan untuk meningkatkan
keimanan dengan adanya kebesaran dan kekuasaan Allah seperti yang terkandung
dalam hadis dalam kehidupan sehari-hari.
|
3. Memahami hadis tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
|
3.1
Mengartikan hadis tentang syukur.
3.2
Menjelaskan kandungan hadis tentang syukur.
3.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan
hadis tentang syukur.
3.4
Melaksanakan cara-cara mensyukuri nikmat Allah
seperti yang terkandung dalam hadis tentang syukur nikmat
|
4. Memahami hadis tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhuafa
|
4.1
Mengartikan Hadis tentang hidup sederhana dan
perintah menyantuni para dhuafa
4.2
Menjelaskan kandungan hadis tentang hidup
sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa
4.3
Mengidentifikasi perilaku orang yang mengamalkan
hadis tentang hidup sederhana. dan perintah menyantuni para dhuafa
4.4
Menerapkan perilaku hidup sederhana dan
menyantuni kaum dhu’afa pada hadis tentang hidup sederhana dan
perintah menyantuni para dhu’afa dalam kehidupan sehari-hari
|
5. Memahami hadis
tentang pemanfaatan kekayaan alam
|
5.1
Mengartikan hadis tentang pemanfaatan kekayaan alam
5.2
Menjelaskan kandungan hadis tentang pemanfaatan kekayaan alam
5.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan
hadis tentang pemanfaatan kekayaan
alam
5.4
Menerapkan cara memanfaatkan kekayaan alam
seperti yang terkandung hadis tentang
pemanfaatan kekayaan alam
|
6. Memahami hadis
tentang amar ma'ruf nahi munkar.
|
6.1
Mengartikan hadis tentang amar ma'ruf nahi
munkar.
6.2
Menjelaskan kandungan hadis tentang amar
ma'ruf nahi munkar.
6.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan
hadis tentang amar ma'ruf nahi munkar.
6.4
Melaksanakan amar ma'ruf nahi munkar
seperti dalam hadis tentang amar ma'ruf nahi munkar dalam kehidupan
sehari-hari.
|
7. Memahami hadis tentang
ujian dan cobaan
|
7.1
Mengartikan hadis tentang ujian dan cobaan.
7.2
Menjelaskan kandungan hadis tentang ujian dan
cobaan.
7.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan hadis tentang ujian dan cobaan.
7.4
Menerapkan perilaku tabah dan sabar dalam
menghadapi ujian dan cobaan seperti yang terkandung dalam hadis tentang ujian
dan cobaan.
|
|
|
d. Kelas XII, Semester 2
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami hadis tentang kewajiban berdakwah
|
1.1
Mengartikan hadis tentang kewajiban berdakwah.
1.2
Menjelaskan kandungan hadis tentang kewajiban
berdakwah.
1.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan
hadis tentang kewajiban berdakwah.
1.4
Menerapkan strategi berdakwah seperti yang
terkandung dalam hadis tentang berdakwah dalam kehidupan sehari-hari.
|
2. Memahami hadis tentang tanggung
jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
|
2.1
Mengartikan hadis tentang tanggung jawab manusia
terhadap keluarga dan masyarakat.
2.2
Menjelaskan kandungan hadis tentang tanggung
jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
2.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan hadis tentang tanggung jawab manusia
terhadap keluarga dan masyarakat.
2.4
Menerapkan tanggung jawab manusia terhadap
keluarga dan masyarakat seperti yang terkandung dalam hadis tentang tanggung
jawab manusia dalam kehidupan sehari-hari.
|
3. Memahami hadis tentang kepemimpinan
|
3.1
Mengartikan hadis tentang kepemimpinan.
3.2
Menjelaskan kandungan hadis tentang
kepemimpinan
3.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan hadis tentang kepemimpinan.
3.4
Menerapkan konsep kepemimpinan seperti yang
terkandung dalam hadis tentang kepemimpinan.
|
4. Memahami hadis tentang menyelesaikan perselisihan.
|
4.1
Mengartikan hadis tentang menyelesaikan perselisihan
4.2
Menjelaskan kandungan hadis tentang
menyelesaikan perselisihan.
4.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan
hadis tentang menyelesaikan perselisihan.
4.4
Melaksanakan langkah-langkah dalam penyelesaikan
perselisihan seperti yang terkandung dalam hadis tentang menyelesaikan
perselisihan dalam kehidupan sehari-hari.
|
5. Memahami hadis tentang berlaku adil dan jujur
|
5.1 Mengartikan hadis tentang berlaku adil dan jujur.
5.2
Menjelaskan kandungan hadis tentang berlaku adil
dan jujur.
5.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan
hadis tentang berlaku adil dan jujur.
5.4
Menerapkan perilaku adil dan jujur dalam
perkata-an dan perbuatan seperti yang terkandung dalam hadis tentang berlaku
adil dan jujur.
|
6. Memahami hadis tentang toleransi dan etika pergaulan
|
6.1
Mengartikan hadis tentang etika pergaulan.
6.2
Menjelaskan kandungan hadis tentang etika
pergaulan.
6.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan
hadis tentang etika pergaulan.
6.4
Menerapkan perilaku bertoleransi dan beretika
dalam pergaulan seperti yang terkandung dalam hadis tentang etika pergaulan
dalam kehidupan sehari-hari.
|
7. Memahami hadis tentang etika dalam majelis
|
7.1
Mengartikan hadis
tentang etika dalam majelis
7.2
Menjelaskan
kandungan hadis tentang etika dalam majelis
7.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan hadis tentang etika dalam majelis
7.4
Membiasakan beretika yang baik dalam majelis
seperti yang terkandung dalam hadis tentang etika dalam majelis
|
8. Memahami hadis tentang etos kerja
|
8.1
Mengartikan hadis etos kerja.
8.2
Menjelaskan kandungan hadis etos kerja
8.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan hadis etos kerja
8.4
Menerapkan perilaku beretos kerja seperti yang
terkandung dalam hadis tentang etos kerja
|
9. Memahami hadis tentang makanan yang halal dan baik
|
9.1
Menerjemahkan hadis tentang makanan yang halal dan baik.
9.2
Menjelaskan kandungan hadis tentang makanan yang
halal dan baik.
9.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan
hadis tentang makanan yang halal dan baik.
9.4
Mengidentifikasi makanan yang halal dan baik seperti yang terkandung dalam
hadis tentang makanan yang halal dan baik.
9.5
Menerapkan perilaku memakan makanan yang halal
dan baik seperti yang terkandung dalam hadis tentang makanan yang halal dan
baik.
|
10. Mampu memahami hadis tentang potensi akal dan ilmu
|
10.1 Mengartikan hadis tentang ilmu.
10.2 Menjelaskan
kandungan hadis tentang ilmu.
10.3 Menunjukkan
perilaku orang yang mengamalkan hadis
tentang ilmu.
10.4 Menfungsikan akal
untuk mempelajari ilmu- ilmu Allah seperti yang terkandung dalam hadis
tentang ilmu.
|
11.
FIKIH
a. Kelas XI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami ketentuan Islam tentang jinaayah
dan hikmahnya
|
1.1
Menjelaskan
hukum pembunuhan dan hikmahnya
1.2
Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang kisas
dan hikmahnya
1.3
Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang diyat
dan kafaarat beserta hikmahnya
1.4
Menunjukkan contoh-contoh qishaash, diyat,
dan kafaarat dalam hukum Islam
|
2.
Memahami ketentuan Islam tentang Huduud
dan hikmahnya
|
2.1 Menjelaskan
ketentuan hukum Islam tentang zina dan qadzaf beserta hikmahnya
2.2 Menjelaskan
ketentuan hukum Islam tentang minuman keras beserta hikmahnya
2.3 Menjelaskan
ketentuan hukum Islam tentang
mencuri, menyamun, dan merampok beserta
hikmahnya
2.4 Menjelaskan
ketentuan hukum Islam tentang bughat beserta hikmahnya
|
3.
Memahami ketentuan Islam tentang peradilan dan
hikmahnya
|
3.1
Menjelaskan proses peradilan dalam Islam
3.2
Mengidentifikasi ketentuan tentang hakim dan
saksi dalam peradilan Islam
3.3
Menjelaskan tentang penetapan hukum Islam dan
hikmah peradilan Islam
|
4.
Memahami usul-fikih
|
4.1 Menjelaskan
pengertian, objek dan tujuan mempelajari usul-fikih
4.2 Membedakan antara
usul-fikih dan fikih
4.3 Menjelaskan
hubungan antara usul-fikih dan ilmu lainnya
|
5.
Mengenal sejarah usul-fikih
|
5.1 Menceritakan
tahapan-tahapan perkembangan usul-fikih
5.2 Menjelaskan peranan usul-fikih dalam pengembangan fikih
Islam
5.3 Menjelaskan
aliran-aliran usul-fikih
|
6.
Memahami hukum syara’
|
6.1 Menjelaskan
pengertian, fungsi dan kedudukan al-hakim dalam hukum Islam
6.2 Menjelaskan
pengertian, fungsi, kedudukan dan pembagian al-hukm dalam hukum Islam
6.3 Menjelaskan
pengertian, syarat, dan kedudukan al-mahkum
fih dalam hukum Islam
6.4 Menjelaskan
pengertian, syarat, halangan dan kedudukan
al-mahkum ‘alaihi dalam hukum Islam
|
7.
Memahami hukum Islam tentang
hukum keluarga
|
7.1
Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam
Islam dan hikmahnya
7.2
Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut
perundang-undangan di Indonesia
7.3
Menjelaskan konsep Islam tentang perceraian, iddah,
rujuk dan hikmahnya
7.4
Menjelaskan ketentuan Islam tentang pengasuhan
anak (hadhanah)
|
8.
Memahami hukum Islam tentang
waris
|
8.1
Menjelaskan ketentuan hukum
waris dalam Islam
8.2 Menjelaskan keterkaitan waris dengan wasiat
8.3 Menunjukkan contoh
cara pelaksanaan waris dan wasiat
|
9.
Memahami sumber
hukum Islam yang
muttafaq
|
9.1 Menjelaskan
kedudukan dan fungsi al-Qur'an dan as-sunah sebagai sumber hukum Islam
9.2 Menjelaskan dilaalah
al-Qur'an dan as-sunah dalam kaitannya dengan hukum
9.3 Menjelaskan
pengertian, fungsi, dan kedudukan ijmaa’ dalam hukum Islam
9.4 Menjelaskan
pengertian, fungsi, dan kedudukan qiyaas dalam hukum Islam
|
10. Memahami sumber
hukum Islam yang mukhtalaf
|
10.1 Menjelaskan fungsi
dan kedudukan istihsaan sebagai salah satu dasar hukum Islam
10.2 Menjelaskan fungsi
dan kedudukan maslahah mursalah sebagai salah satu dasar hukum Islam
10.3 Menjelaskan fungsi
dan kedudukan ’urf sebagai salah satu dasar hukum Islam
10.4 Menjelaskan fungsi
dan kedudukan istishhab sebagai salah satu dasar hukum Islam
10.5 Menjelaskan fungsi
dan kedudukan syar’u man qablana sebagai salah satu dasar hukum Islam
10.6 Menjelaskan fungsi
dan kedudukan madzhab shahabi sebagai salah satu dasar hukum Islam
10.7 Menjelaskan fungsi
dan kedudukan syadudz dzari’at sebagai salah satu dasar hukum Islam
10.8 Menjelaskan fungsi
dan kedudukan dalalatul iqtiran sebagai salah satu dasar hukum Islam
|
|
|
b. Kelas XII, Semester 1
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami ketentuan Islam tentang siyasah
syar’iyah
|
1.1
Menjelaskan ketentuan Islam tentang pemerintahan
(khilafah)
1.2
Menjelaskan majelis syura dalam Islam
|
2.
Memahami ketentuan Islam tentang jihad
|
2.1
Menjelaskan konsep jihad
dalam Islam
2.2
Menunjukkan contoh perlakuan Islam terhadap Ahl
al-Dzimmah
|
3.
Memahami kaidah-kaidah usul fikih
|
3.1 Menjelaskan
pengertian dan penerapan kaidah amar dan nahi
3.2 Menjelaskan
pengertian dan penerapan kaidah ’am dan khas
3.3 Menjelaskan pengertian
dan penerapan kaidah mujmal dan
mubayyan
3.4 Menjelaskan
pengertian dan penerapan kaidah muradhif dan musytarak
3.5 Menjelaskan
pengertian dan penerapan kaidah muthlaq muqayyad
3.6 Menjelaskan pengertian dan penerapan zahir dan ta’wil
3.7 Menjelaskan
pengertian dan penerapan kaidah manthuq dan mafhum
3.8 Menjelaskan
pengertian dan penerapan nasikh dan mansukh
|
|
|
c. Kelas
XII, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami mazhab dalam fikih Islam
|
1.1 Menjelaskan pengertian mazhab
1.2 Menjelaskan sejarah tokoh mazhab dalam fikih
1.3 Mengidentifikasi masing-masing karakteristik mazhab
1.4 Menujukkan contoh-contoh perbedaan antar mazhab
1.5 Menjalankan hikmah
adanya perbedaan mazhab
|
2.
Memahami persoalan pengembangan hukum Islam
|
2.1 Menjelaskan
pengertian, macam-macam, syarat-syarat, dan fungsi ijtihad
2.2 Menjelaskan
pengertian dan cara penyelesaian ta’arudl al-adillah
2.3 Menjelaskan
pengertian dan cara tarjih dalam hukum Islam
2.4 Membedakan antara taqlid
dan ittiba’
2.5 Menjelaskan
pengertian dan kedudukan talfiq dalam fikih
|
12.
ILMU KALAM
a. Kelas XI, Semester 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami persoalan-persoalan yang berkaitan dengan keimanan
|
1.1
Menjelaskan isra’ mi’raj dan hikmahnya
1.2
Menjelaskan turunnya Dajjal dan hikmahnya
1.3
Menjelaskan turunnya Nabi Isa dan hikmahnya
1.4
Menjelaskan Ya’juz dan Ma’juz dan hikmahnya
1.5
Menjelaskan Imam Mahdi dan hikmahnya
|
2. Memahami ilmu kalam
|
2.1 Menjelaskan pengertian ilmu kalam
2.2 Menjelaskan nama-nama ilmu kalam dan
sebab penamaan masing-masing.
2.3 Menjelaskan ruang lingkup ilmu kalam
2.4 Menjelaskan fungsi ilmu kalam
2.5 Menjelaskan peranan dalil dalam ilmu
kalam
2.6 Menjelaskan hubungan ilmu kalam dengan
ilmu-ilmu lain
|
|
|
b. Kelas XI, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami sejarah munculnya aliran
ilmu kalam
|
1.1 Menjelaskan akidah pada masa Nabi
Muhammad SAW
1.2 Menjelaskan akidah pada masa sahabat
1.3 Menjelaskan
faktor-faktor timbulnya aliran-aliran ilmu kalam
|
2. Memahami aliran-aliran ilmu kalam dan
doktrin-doktrinnya.
|
2.1 Menjelaskan aliran
Khawarij dan doktrin-doktrinnya
2.2 Menjelaskan aliran
Murji’ah dan doktrin-doktrinnya
2.3 Menjelaskan aliran
Syi’ah dan doktrin-
doktrinnya
2.4 Menjelaskan aliran
Jabariyah dan Qadariyah serta doktrin-doktrinnya
2.5 Menjelaskan aliran
Mu’tazilah dan doktrin-doktrinnya
2.6 Menjelaskan aliran
Asy’ariyah dan doktrin-doktrinnya
2.7 Menjelaskan aliran
Maturidiyah dan doktrin- doktrinnya
|
|
|
c. Kelas XII, Semester 1
|
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami hal-hal yang terjadi pada hari kiamat
|
1.1 Menjelaskan masalah
ba’ats, hasyr dan mauqif serta hikmahnya
1.2 Menjelaskan pertanggung jawaban amal
perbuatan, catatan amal perbuatan dan mizan serta hikmahnya
1.3 Menjelaskan qishas, shirat dan syafa’at
1.4 Menjelaskan surga dan neraka, haudhul
maurud, kautsar serta hikmahnya
|
2. Memahami perkembangan aliran-aliran
ilmu kalam
|
2.1 Menjelaskan kejayaan dan kemunduran aliran
Mu’tazilah
2.3 Menjelaskan kejayaan dan kemunduran aliran
Asy’ariyah
2.3 Menjelaskan pemikiran kalam setelah mihnah
|
d. Kelas XII, Semester 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Memahami persoalan-persoalan pokok ilmu
kalam menurut perspektif aliran kalam
|
1.1 Menjelaskan wahyu dan akal menurut
perspektif aliran kalam
1.2 Menjelaskan iman dan kufur menurut
perspektif aliran kalam
1.3 Menjelaskan pelaku dosa besar menurut
perspektif aliran kalam
1.4 Menjelaskan perbuatan Tuhan menurut
perspektif aliran kalam
1.5 Menjelaskan kehendak, kekuasaan dan
perbuatan manusia menurut perspektif aliran kalam
1.6 Menjelaskan kalamullah menurut perspektif
aliran kalam
1.7 Menjelaskan sifat-sifat Tuhan menurut
perspektif aliran kalam
1.8 Menjelaskan kehendak mutlak Tuhan dan keadilan
Tuhan menurut perspektif aliran kalam
|
2.
Mengenal pemikiran kalam ulama modern
|
2.1 Menceritakan pemikiran kalam Muhammad
Abduh
2.2 Menceritakan pemikiran kalam Sayyid Ahmad
khan
2.3 Menceritakan pemikiran kalam Muhammad
Iqbal
|
Ditetapkan di : Jakarta
Pada Tanggal : 6
Mei 2008
MENTERI AGAMA RI,
Cap dan
ttd.
MUHAMMAD
M. BASYUNI
Komentar
Posting Komentar