SK KD MA
BAB VIII
STANDAR
KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM DAN BAHASA ARAB
MADRASAH ALIYAH
A. LATAR BELAKANG
Di dalam UU No. 20
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa
pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta
peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,
bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis
serta bertanggung jawab. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu
bidang studi yang harus dipelajari oleh peserta didik di madrasah adalah
pendidikan agama Islam, yang dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi
manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak
mulia.
Pendidikan Agama Islam di
Madrasah Aliyah terdiri atas empat mata pelajaran, yaitu: Al-Qur'an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih,
dan Sejarah Kebudayaan Islam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada
dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. Al-Qur'an-Hadis merupakan
sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakan sumber akidah-akhlak,
syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur
tersebut. Akidah (Usuluddin) atau keimanan merupakan akar atau pokok agama.
Syariah/fikih (ibadah, muamalah) dan akhlak bertitik tolak dari akidah,
yakni sebagai manifestasi dan konsekuensi dari akidah (keimanan dan keyakinan
hidup). Syari’ah/fikih merupakan sistem norma (aturan) yang mengatur hubungan
manusia dengan Allah, sesama manusia dan dengan makhluk lainnya. Akhlak
merupakan aspek sikap hidup atau kepribadian hidup manusia, dalam arti
bagaimana sistem norma yang mengatur hubungan manusia dengan Allah (ibadah
dalam arti khas) dan hubungan manusia dengan manusia dan lainnya (muamalah) itu
menjadi sikap hidup dan kepribadian hidup manusia dalam menjalankan sistem
kehidupannya (politik, ekonomi, sosial, pendidikan, kekeluargaan, Kebudayaan/seni,
iptek, olahraga/kesehatan, dan lain-lain) yang dilandasi oleh akidah yang
kokoh. Sejarah Kebudayaan Islam merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia
muslim dari masa ke masa dalam usaha bersyariah (beribadah dan bermuamalah) dan
berakhlak serta dalam mengembangkan sistem kehidupannya yang dilandasi oleh
akidah.
Pendidikan Agama Islam (PAI) di
Madrasah Aliyah yang terdiri atas empat mata pelajaran tersebut memiliki
karakteristik sendiri-sendiri. Al-Qur'an-Hadis,
menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara
tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan
sehari-hari. Aspek akidah menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan
keyakinan/keimanan yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma’
al-husna. Aspek Akhlak menekankan pada pembiasaan untuk melaksanakan akhlak
terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Aspek fikih
menekankan pada kemampuan cara melaksanakan ibadah dan muamalah yang benar dan
baik. Aspek sejarah Kebudayaan Islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah
dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh
berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik,
ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan Kebudayaan dan
peradaban Islam.
Penyusunan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran
Akidah-Akhlak di Madrasah Aliyah ini dilakukan dengan cara mempertimbangkan dan
me-review Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI) untuk Satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam aspek
keimanan/akidah dan akhlak untuk SMA/MA, serta memperhatikan Surat Edaran
Dirjen Pendidikan Islam Nomor: DJ.II.1/PP.00/ED/681/2006 , tanggal 1 Agustus 2006,
tentang Pelaksanaan Standar Isi, yang intinya bahwa Madrasah dapat meningkatkan
kompetensi lulusan dan mengembangkan kurikulum dengan standar yang lebih
tinggi.
B.
TUJUAN
1.
Al-Qur'an-Hadis
Mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis di Madrasah Aliyah adalah salah satu mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam yang merupakan peningkatan dari
Al-Qur'an-Hadis yang telah dipelajari oleh peserta didik di MTs/SMP.
Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari,
memperdalam serta memperkaya kajian al-Qur'an dan al-Hadis terutama menyangkut
dasar-dasar keilmuannya sebagai persiapan untuk melanjutkan ke pendidikan yang
lebih tinggi, serta memahami dan menerapkan tema-tema tentang manusia
dan tanggung jawabnya di muka bumi, demokrasi serta pengembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi dalam perspektif al-Qur'an
dan al-Hadis sebagai persiapan untuk hidup
bermasyarakat. Secara
substansial, mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis memiliki kontribusi dalam
memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan mempraktikkan
ajaran dan nilai-nilai yang terkandung dalam al-Qur'an-hadis sebagai sumber
utama ajaran Islam dan sekaligus menjadi pegangan dan pedoman hidup dalam
kehidupan sehari-hari.
Mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis bertujuan untuk:
a.
Meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap al-Qur'an dan hadis
b.
Membekali peserta didik dengan dalil-dalil yang terdapat dalam al-Qur'an dan hadis sebagai pedoman dalam menyikapi dan menghadapi
kehidupan
c.
Meningkatkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan al-Qur'an dan hadis yang
dilandasi oleh dasar-dasar keilmuan tentang al-Qur'an dan hadis.
2.
Akidah-Akhlak
Mata pelajaran Akidah-Akhlak di
Madrasah Aliyah adalah salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang
merupakan peningkatan dari akidah dan akhlak yang telah dipelajari oleh peserta
didik di Madrasah Tsanawiyah/SMP. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari dan memperdalam akidah-akhlak sebagai persiapan
untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi dan untuk hidup bermasyarakat
dan/atau memasuki lapangan kerja. Pada aspek akidah ditekankan pada pemahaman
dan pengamalan prinsip-prinsip akidah Islam, metode peningkatan kualitas
akidah, wawasan tentang aliran-aliran dalam akidah Islam sebagai landasan dalam
pengamalan iman yang inklusif dalam kehidupan sehari-hari, pemahaman tentang
macam-macam tauhiid seperti tauhiid uluuhiyah, tauhiid rubuubiyah,
tauhiid ash-shifat wa al-af’al, tauhiid rahmuaniyah, tauhiid mulkiyah, dan
lain-lain serta perbuatan syirik dan implikasinya dalam kehidupan. Aspek
akhlak, di samping berupa pembiasaan dalam menjalankan akhlak terpuji dan
menghindari akhlak tercela sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik,
juga mulai diperkenalkan tasawuf dan metode peningkatan kualitas akhlak.
Secara substansial mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Aliyah memiliki
kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempelajari dan
mempraktikkan akidahnya dalam bentuk pembiasaan untuk melakukan akhlak terpuji
dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari. Al-Akhlak
al-karimah ini sangat penting untuk dipraktikkan dan dibiasakan oleh
peserta didik dalam kehidupan individu, bermasyarakat dan berbangsa, terutama
dalam rangka mengantisipasi dampak negatif dari era globalisasi dan krisis
multidimensional yang melanda bangsa dan Negara Indonesia.
Mata pelajaran Akidah-Akhlak bertujuan untuk:
1.
Menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan,
dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta
pengalaman peserta didik tentang akidah Islam sehingga menjadi manusia muslim
yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
2.
Mewujudkan manusia Indonesia yang berakhlak mulia dan menghindari akhlak
tercela dalam kehidupan sehari-hari baik
dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran dan
nilai-nilai akidah Islam.
3.
Fikih
Mata pelajaran Fikih di
Madrasah Aliyah adalah salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang
merupakan peningkatan dari fikih yang telah dipelajari oleh peserta didik di
Madrasah Tsanawiyah/SMP. Peningkatan tersebut dilakukan dengan cara mempelajari, memperdalam serta memperkaya kajian fikih baik
yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah, yang dilandasi oleh
prinsip-prinsip dan kaidah-kaidah usul fikih serta menggali tujuan dan
hikmahnya, sebagai persiapan untuk melanjutkan ke
pendidikan yang lebih tinggi dan untuk hidup bermasyarakat. Secara
substansial, mata pelajaran Fikih memiliki kontribusi dalam memberikan motivasi
kepada peserta didik untuk mempraktikkan dan menerapkan hukum Islam dalam
kehidupan sehari-hari sebagai perwujudan keserasian, keselarasan, dan
keseimbangan hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu
sendiri, sesama manusia, makhluk lainnya ataupun lingkungannya.
Mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah bertujuan untuk:
1.
Mengetahui dan memahami prinsip-prinsip, kaidah-kaidah dan tatacara
pelaksanaan hukum Islam baik yang menyangkut aspek ibadah maupun muamalah untuk
dijadikan pedoman hidup dalam kehidupan pribadi dan sosial.
2.
Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar dan baik,
sebagai perwujudan dari ketaatan dalam menjalankan ajaran agama Islam baik
dalam hubungan manusia dengan Allah SWT, dengan diri manusia itu sendiri,
sesama manusia, dan makhluk lainnya maupun hubungan dengan lingkungannya.
4.
Sejarah Kebudayaan Islam
Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah merupakan
salah satu mata pelajaran yang menelaah tentang asal-usul, perkembangan,
peranan kebudayaan/ peradaban Islam di
masa lampau, mulai dari dakwah Nabi Muhammad
pada periode Makkah dan periode Madinah, kepemimpinan umat setelah Rasulullah
SAW wafat, sampai perkembangan Islam periode klasik (zaman keemasan) pada tahun
650 M–1250 M, abad pertengahan/zaman kemunduran (1250 M–1800 M), dan masa modern/zaman
kebangkitan (1800-sekarang), serta perkembangan Islam di Indonesia dan di
dunia. Secara substansial mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki kontribusi
dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati Sejarah Kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan
untuk melatih kecerdasan, membentuk
sikap, watak, dan kepribadian peserta didik.
Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah bertujuan agar
peserta didik memiliki kemampuan-kemampuan sebagai berikut:
a.
Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya mempelajari landasan
ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam
yang telah dibangun oleh Rasulullah SAW dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
b.
Membangun kesadaran peserta didik tentang pentingnya waktu dan tempat yang
merupakan sebuah proses dari masa
lampau, masa kini, dan masa depan
c.
Melatih daya kritis peserta didik untuk memahami fakta sejarah secara benar
dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
d.
Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan peserta didik terhadap peninggalan
sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau.
e.
Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah
dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh
berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik,
ekonomi, iptek dan seni dan lain-lain untuk mengembangkan Kebudayaan dan
peradaban Islam.
5.
Bahasa Arab
Mata pelajaran bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan
untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta
menumbuhkan sikap positif terhasap bahasa Arab, baik reseptif maupun produktif.
Kemampuan reseptif yaitu kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan
memahami bacaan. Kemampuan produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa sebagai
alat komunikasi baik secara lisan maupun secara tertulis. Kemampuan berbahasa
Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab tersebut sangat penting dalam
membantu memahami sumber ajaran Isalam yaitu al-Qur'an
dan al- hadis, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam
bagi peserta didik.
Untuk itu, bahasa Arab di Madrasah Aliyah dipersiapkan untuk pencapaian
kompetensi dasar berbahasa, yang mencakup empat keterampilan berbahasa yang
diajarkan secara integral, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
Meskipun begitu, pada tingkat pendidikan dasar (elementary)
dititikberatkan pada kecakapan menyimak dan berbicara sebagai landasan
berbahasa. Pada tingkat pendidikan menengah (intermediate), keempat
kecakapan berbahasa diajarkan secara seimbang. Pada tingkat pendidikan lanjut (advanced),
dikonsentrasikan pada kecakapan membaca dan menulis, sehingga peserta didik
diharapkan mampu mengakses berbagai referensi berbahasa Arab.
Mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah memiliki tujuan sebagai
berikut:
a.
Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun
tulis yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’),
berbicara (kalam), membaca (qira'ah), dan menulis (kitabah).
b.
Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu
bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji
sumber-sumber ajaran Islam.
c.
Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya
serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian, peserta didik diharapkan
memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.
6.
Bahasa Arab (Program Bahasa)
Bahasa bukan hanya sebagai suatu bidang kajian, melainkan sebagai faktor
sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik.
Penguasaan bahasa Arab menjadi persyaratan penting bagi keberhasilan individu
dalam menjawab tantangan zaman di era globalisasi. Pembelajaran bahasa Arab
secara formal di Madrasah Aliyah merupakan sarana utama bagi peserta didik
untuk menguasai bahasa Arab. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik dapat
merespon secara proaktif berbagai perkembangan informasi, ilmu pengetahuan, dan
teknologi.
Melalui pembelajaran bahasa Arab dapat dikembangan keterampilan peserta
didik dalam berkomunikasi lisan dan tulis untuk memahami dan menyampaikan
informasi, pikiran dan perasaan. Dengan
demikian, mata pelajaran bahasa Arab diperlukan untuk pengembangan diri peserta
didik agar mereka dapat tumbuh dan berkembang menjadi warga negara yang cerdas,
terampil, dan berkepribadian Indonesia, dapat mengembangkan ilmu pengetahuan,
teknologi, dan budaya serta siap mengambil bagian dalam pembangunan nasional.
Mata
pelajaran bahasa Arab pada Madrasah Aliyah Program Bahasa memiliki tujuan
sebagai berikut:
a.
Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun
tulis yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’),
berbicara (kalam), membaca (qira'ah), dan menulis (kitabah).
b.
Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya bahasa Arab sebagai salah satu
bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji
sumber-sumber ajaran Islam.
c.
Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya
serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian, peserta didik diharapkan
memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.
C.
RUANG LINGKUP
1.
Al-Qur’an-Hadis
a.
Masalah dasar-dasar ilmu al-Qur'an dan al-Hadis, meliputi:
1)
Pengertian al-Qur'an menurut para ahli
2)
Pengertian hadis, sunnah, khabar, atsar dan hadis qudsi
3)
Bukti keotentikan al-Qur'an ditinjau dari segi keunikan
redaksinya, kemukjizatannya, dan sejarahnya
4)
Isi pokok ajaran al-Qur'an dan pemahaman
kandungan ayat-ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur'an
5)
Fungsi al-Qur'an dalam kehidupan
6)
Fungsi hadis terhadap al-Qur'an
7)
Pengenalan kitab-kitab yang berhubungan dengan cara-cara mencari surat dan
ayat dalam al-Qur'an
8)
Pembagian hadis dari segi kuantitas dan kualitasnya.
b.
Tema-tema yang ditinjau dari perspektif al-Qur'an
dan al-hadis, yaitu:
1)
Manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.
2)
Demokrasi.
3)
Keikhlasan dalam beribadah
4)
Nikmat Allah dan cara mensyukurinya
5)
Perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
6)
Pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhuafa
7)
Berkompetisi dalam kebaikan.
8)
Amar ma ‘ruf nahi munkar
9)
Ujian dan cobaan manusia
10)
Tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
11)
Berlaku adil dan jujur
12)
Toleransi dan etika pergaulan
13)
Etos kerja
14)
Makanan yang halal dan baik
15)
Ilmu pengetahuan dan teknologi.
2.
Akidah-Akhlak
Ruang lingkup mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Aliyah meliputi:
a.
Aspek akidah terdiri atas:
prinsip-prinsip akidah dan metode peningkatannya, al-asma’ al-husna,
macam-macam tauhiid seperti tauhiid
uluuhiyah, tauhiid rubuubiyah, tauhiid ash-shifat wa al-af’al, tauhiid
rahmaaniyah, tauhiid mulkiyah dan lain-lain, syirik dan implikasinya dalam
kehidupan, pengertian dan fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu-ilmu
lainnya, dan aliran-aliran dalam ilmu kalam (klasik dan modern),
b.
Aspek akhlak terdiri atas: masalah akhlak yang meliputi pengertian akhlak,
induk-induk akhlak terpuji dan tercela, metode peningkatan kualitas akhlak;
macam-macam akhlak terpuji seperti husnuzh-zhan, taubat, akhlak dalam
berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu, adil, rida, amal
salih, persatuan dan kerukunan, akhlak terpuji dalam pergaulan remaja; serta
pengenalan tentang tasawuf. Ruang
lingkup akhlak tercela meliputi: riya, aniaya dan diskriminasi, perbuatan dosa
besar (seperti mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba), israaf,
tabdzir, dan fitnah.
3.
Fikih
Ruang lingkup mata pelajaran Fikih di Madrasah
Aliyah meliputi : kajian tentang prinsip-prinsip ibadah dan syari’at
dalam Islam; hukum Islam dan perundang-undangan tentang zakat dan haji, hikmah
dan cara pengelolaannya; hikmah kurban dan akikah; ketentuan hukum Islam
tentang pengurusan jenazah; hukum Islam tentang kepemilikan; konsep
perekonomian dalam Islam dan hikmahnya; hukum Islam tentang pelepasan dan
perubahan harta beserta hikmahnya; hukum Islam tentang wakaalah dan sulhu
beserta hikmahnya; hukum Islam tentang daman dan kafaalah beserta hikmahnya;
riba, bank dan asuransi; ketentuan Islam tentang jinaayah, Huduud dan hikmahnya; ketentuan Islam tentang peradilan dan
hikmahnya; hukum Islam tentang keluarga, waris; ketentuan Islam tentang siyaasah syar’iyah; sumber
hukum Islam dan hukum taklifi; dasar-dasar istinbaath dalam fikih Islam; kaidah-kaidah usul fikih dan penerapannya.
4.
Sejarah Kebudayaan Islam
Ruang lingkup mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Aliyah meliputi :
a. Dakwah Nabi Muhammad pada periode Makkah dan periode
Madinah.
b.
Kepemimpinan umat setelah Rasulullah SAW wafat.
c.
Perkembangan Islam periode klasik/zaman keemasan (pada tahun 650 M – 1250
M).
d.
Perkembangan Islam pada abad pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800
M).
e. Perkembangan Islam pada masa modern /zaman kebangkitan
(1800-sekarang).
f. Perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia.
5.
Bahasa Arab
Mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah terdiri atas bahan yang
berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog tentang
perkenalan, kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, remaja, kesehatan, fasilitas
umum, pariwisata, kisah-kisah Islam, wawasan Islam, hari-hari besar Islamdan
tokoh-tokoh Islam untuk melatih keempat aspek kemampuan berbahasa, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
6.
Bahasa Arab (Program Bahasa)
Mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Program Bahasa terdiri atas
bahan yang berupa wacana lisan dan tulis berbentuk paparan atau dialog tentang
identitas diri, kehidupan madrasah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari,
hobi, wisata, layanan umum, dan pekerjaan.
D.
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
1. Al-Qur'an-Hadis
a. Kelas
X, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami pengertian al-Qur'an dan bukti keotentikannya
|
1.1 Menjelaskan pengertian al-Qur'an menurut para ahli
1.2 Membuktikan keotentikan al-Qur'an ditinjau dari segi
keunikan redaksinya, kemukjizatannya, dan sejarahnya.
1.3 Menunjukkan prilaku orang yang meyakini kebenaran
al-Qur'an
|
2. Memahami isi pokok ajaran al-Qur'an
|
2.1
Mengidentifikasi
isi pokok ajaran al-Qur'an
2.2
Menunjukkan
ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur'an
2.3
Menjelaskan
kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur'an
2.4
Menerapkan
kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur'an
|
3. Memahami fungsi al-Qur'an dalam kehidupan
|
3.1
Mendeskripsikan
fungsi al-Qur'an
3.2
Menunjukkan perilaku orang yang menfungsikan al-Qur'an
3.3
Menerapkan
fungsi al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari
|
4. Memahami cara-cara mencari surat dan ayat dalam al-Qur'an
|
4.1
Menunjukkan
kitab-kitab yang berhubungan dengan cara-cara mencari surat dan ayat dalam al-Qur'an
4.2
Menerapkan
cara-cara mencari surat dan ayat dalam al-Qur'an
|
5. Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang manusia dan
tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi
|
5.1
Mengartikan QS al-Mu’minuun:12-14; QS
al-Nahl:78; QS al-Baqarah:30 dan QS adz-Dzaariyat: 56
5.2
Menjelaskan
kandungan QS al-Mu’minuun:12-14; QS al-Nahl:78; QSal-Baqarah:30
dan QS adz-Dzaariyat: 56
5.3
Menerapkan
perilaku sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS
al-Mu’minuun:12-14; QS an-Nahl:78; QSal-Baqarah:30 dan
QS adz-Dzaariyat: 56
|
6. Memahami ayat-ayat al-Qur'an
tentang demokrasi
|
6.1
Mengartikan
QS Ali Imraan 159 dan QS asy-Syuura: 38.
6.2
Menjelaskan
kandungan QS Ali Imraan 159 dan
QS asy-Syuura : 38.
6.3
Menerapkan perilaku hidup demokrasi seperti terkandung
dalam QS Ali Imraan 159 dan QS Asy-Syuura:
38. dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
b. Kelas X, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami
istilah-istilah hadis
|
1.1 Mendefinisikan pengertian hadis, sunnah, khabar,
atsar dan hadis qudsi.
1.2 Membandingkan pengertian hadis, sunnah, khabar,
atsar dan hadis qudsi.
1.3 Menerapkan
pengertian hadis, sunnah (sunnah qauliyah, sunnah fi’liyah dan sunnah
taqririyah), khabar, atsar dan hadis qudsi.
|
2
Memahami
sanad dan matan hadis
|
2.1 Menjelaskan
pengertian sanad dan matan.
2.2 Menerapkan
pengertian sanad dan matan dalam hadis.
|
3
Mendeskripsikan
fungsi hadis terhadap al-Qur'an
|
3.1 Menjelaskan fungsi hadis terhadap al-Qur'an
3.2 Menunjukkan
contoh fungsi hadis terhadap al-Qur'an.
3.3 Menerapkan
fungsi hadis terhadap al-Qur'an.
|
4
Memahami
pembagian hadis dari segi kuantitas dan kualitasnya.
|
4.1 Menjelaskan pembagian hadis dari segi kuantitasnya.
4.1
4.2 Menjelaskan
pembagian hadis dari segi kualitasnya
|
5
Memahami
ayat-ayat al-Qur'an tentang keikhlasan dalam beribadah
|
5.1 Mengartikan QS al-An’aam: 162-163; QS al-Bayyinah:
5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah
5.2 Menjelaskan kandungan QS al-An’aam: 162-163; QS al-Bayyinah:
5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah
5.3 Menunjukkan
perilaku orang yang mengamalkan QS al-An’aam: 162-163; QS al-Bayyinah:
5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah
5.4 Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti
yang terkandung dalam QS al-An’aam:
162-163 ; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentang keikhlasan dalam
beribadah
|
c. Kelas XI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami
ayat-ayat al-Qur'an
dan hadis tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
|
1.1. Mengartikan QS az-Zuhruf:9-13, QS al-’Ankabuut:17
dan hadis tentang syukur
1.2. Menjelaskan kandungan QS az-Zuhruf:9-13, QS al-’Ankabuut:17
dan hadis tentang syukur
1.3. Menunjukkan
perilaku orang yang mengamalkan
QS az-Zuhruf:9-13, QS al-’Ankabuut:17 dan hadis tentang
syukur
1.4. Mengidentifikasikan macam- macam
nikmat Allah sebagaimana
terkandung dalam QS az-Zuhruf: 9-13
1.5. Melaksanakan cara-cara mensyukuri nikmat Allah seperti
terkandung dalam QS al-’Ankabuut: 17, dan hadis tentang syukur nikmat
|
2.
Memahami
ayat-ayat al-Qur'an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
|
2.1
Mengartikan
QS ar-Ruum: 41-42, QS al-A’raaf: 56-58;QS Shad:27; QS al-Furqaan: 45-50 dan QS al-Baqarah: 204-206.
2.2
Menjelaskan
kandungan QS ar-Ruum: 41-42, QSal-A’raaf: 56-58;QS Shad:27;
QS al-Furqaan: 45-50 dan QS al-Baqarah: 204-206.
2.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS ar-Ruum:
41-42, QS al-A’raaf: 56-58;QS Shad:27.; QS al-Furqaan:
45-50 dan QS al-Baqarah:
204-206.
2.4
Menerapkan
perilaku menjaga kelestarian
lingkungan hidup sebagaimana terkandung dalam QS ar-Ruum: 41-42, QS al-A’raaf:
56-58 dan QS Shad:27, QS al-Furqaan: 45-50 dan QS al-Baqarah: 204-206.
|
|
|
d. Kelas XI, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami
ayat-ayat al-Qur'an dan al-Hadis tentang pola hidup sederhana dan perintah
menyantuni para duafa
|
1.1 Mengartikan QS al-Qashash: 79-82; QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah
: 177 dan hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhuafa
1.2 Menjelaskan kandungan QS al-Qashash: 79-82; QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah
: 177 dan hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa
1.3 Mengidentifikasi perilaku orang – orang yang
mengamalkan QS al-Qashash: 79-82;
QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah : 177 dan
hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa
1.4 Menerapkan prilaku hidup sederhana dan menyantuni kaum
dhuafa QS al-Qashash: 79-82; QS
al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah : 177 dan hadis tentang
hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhuafa
|
2.
Memahami
ayat-ayat al-Qur'an tentang berkompetisi dalam kebaikan.
|
2.1 Mengartikan QS al-Baqarah :148; QS al-Faathir
: 32 dan QS an-Nahl : 97
2.2
Menjelaskan kandungan QS al-Baqarah :148 ; QS al-Faathir
: 32 dan QS an-Nahl : 97
2.3
Menceritakan
perilaku orang yang mengamalkan QS al-Baqarah :148 ; QS al-Faathir
: 32 dan QS an-Nahl : 97
2.4
Mengidentifikasi
hikmah perilaku berkompetisi dalam kebaikan.
2.5
Menerapakan prilaku berkompetisi dalam kebaikan.
seperti terkandung dalam QS al-Baqarah :148 ; QS al-Faathir :
32 dan QS an-Nahl : 97
|
3.
Memahami
ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang amar ma'ruf nahi munkar
|
3.1 Mengartikan QS Ali Imraan : 104 dan hadis
tentang amar ma'ruf nahi munkar.
3.2 Menjelaskan kandungan QS Ali Imraan : 104 dan
hadis tentang amar ma'ruf nahi munkar.
3.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS Ali
Imraan : 104 dan hadis tentang amar ma'ruf nahi munkar.
3.4 Melaksanakan amar ma'ruf nahi munkar seperti
terkandung dalam QS Ali Imraan : 104 dan hadis tentang amar ma'ruf
nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.
Memahami
ayat al-Qur'an dan Hadis tentang ujian dan cobaan
|
4.1 Mengartikan QS al-Baqarah: 155 dan hadis tentang
ujian dan cobaan.
4.2 Menjelaskan kandungan QS al-Baqarah: 155 dan
hadis tentang ujian dan cobaan.
4.3 Menunjukkan perilaku orang yang tabah dan sabar dalam
menghadapi ujian dan cobaan sebagaimana terkandung dalam QS al-Baqarah: 155 dan hadis tentang
ujian dan cobaan.
4.4 Menerapkan perilaku tabah dan sabar dalam menghadapi
ujian dan cobaan seperti yang terkandung dalam QS al-Baqarah: 155 dan
hadis tentang ujian dan cobaan.
|
Kelas XII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan al-hadis tentang
kewajiban berdakwah.
|
1.1
Mengartikan
QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr:
94-96, dan Hadis tentang kewajiban berdakwah.
1.2
Menjelaskan
kandungan QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr:
94-96, dan Hadis tentang kewajiban berdakwah.
1.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS an-Nahl:
125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, dan Hadis
tentang kewajiban berdakwah.
1.4
Menerapkan
strategi berdakwah seperti yang terkandung dalam QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa:
214-216, al-Hijr: 94-96; dan Hadis tentang berdakwah dalam kehidupan
sehari-hari.
|
2.
Memahami ayat-ayat al-Qur'an
dan al-hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan
masyarakat
|
2.1
Mengartikan
QS at-Tahriim: 6, QS Thaha:
132; QS al-An’aam: 70; QS an-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119
dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
2.2
Menjelaskan
kandungan QS at-Tahriim: 6, QS Thaha:
132; QS al-An’aam: 70;QS an-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119
dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
2.3
Mengidentifikasi perilaku orang yang mengamalkan QS at-Tahriim: 6, QS Thaha:
132;QS al-An’aam: 70;QS an-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119
dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
2.4
Menerapkan
tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat seperti yang
terkandung dalam QS at-Tahriim:
6, QS Thaha: 132;QS al-An’aam: 70;QSan-Nisaa’ :36 dan QS
Huud:117-119 dan hadis tentang tanggung jawab manusia dalam kehidupan
sehari-hari
|
3.
Memahami
ayat-ayat al-Qur’an dan hadis tentang berlaku adil dan jujur
|
3.1
Mengartikan QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92;
QS an-Nisaa’: 105 dan hadis tentang
berlaku adil dan jujur.
3.2
Menjelaskan
kandungan QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’:
105 dan hadis tentang berlaku adil dan jujur.
3.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS al-Maa’idah:
8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 dan hadis tentang
berlaku adil dan jujur
3.4
Menerapkan
perilaku adil dan jujur dalam perkataan dan perbuatan seperti terkandung
dalam QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’:
105 dan hadis tentang berlaku adil dan jujur
|
|
|
e. Kelas XII, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami
ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan
|
1.2 Mengartikan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus:
40-41; QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang
etika pergaulan.
1.2 Menjelaskan
kandungan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41;QS al-Kahfi:
29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang etika pergaulan.
1.3
Menunjukkan perilaku orang yang
mengamalkan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41;QS al-Kahfi:
29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang etika pergaulan.
1.3 Menerapkan perilaku bertoleransi dan beretika dalam
pergaulan seperti yang terkandung dalam QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus:
40-41;QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang
etika pergaulan dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.
Memahami
ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang etos kerja
|
2.1 Mengartikan QS al-Mujaadalah: 11; QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash
:77 dan hadis etos kerja
2.2 Menjelaskan kandungan QS al-Mujaadalah: 11; QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash
:77 dan hadis etos kerja
2.3 Menunjukkan
perilaku orang yang mengamalkan QS al-Mujaadalah: 11; QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash
:77 dan hadis etos kerja
2.4 Menerapkan perilaku beretos kerja seperti yang
terkandung dalam QS al-Mujaadalah: 11;
QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 dan hadis etos
kerja.
|
3. Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadis
tentang makanan yang halal dan baik
|
3.1 Menerjemahkan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah
172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.
3.2 Menjelaskan kandungan
QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173
dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.
3.3 Menunjukkan
perilaku orang yang mengamalkan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah
172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.
3.4 Mengidentifikasi makanan yang halal dan baik seperti terkandung dalam QS al-Baqarah:168-169
: QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.
3.5 Menerapkan kandungan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah
172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik dalam kehidupan
sehari-hari.
|
4.
Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang
ilmu pengetahuan dan teknologi
|
4.1 Menerjemahkan QS al-‘Alaq: 1-5, QS Yuunus:
101; QS al-Baqarah: 164.
4.2 Menjelaskan
kandungan QS al-‘Alaq: 1-5; QS Yuunus: 101; QS al-Baqarah:
164.
4.3 Menunjukkan
perilaku orang yang mengamalkan QS al-‘Alaq: 1-5, QS Yuunus:
101; QS al-Baqarah: 164.
4.4 Melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
seperti terkandung dalam QS al-‘Alaq: 1-5, QS Yuunus: 101; QS al-Baqarah:
164.
|
2. Akidah-Akhlak
a. Kelas
X, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami prinsip-prinsip dan metode peningkatan
kualitas akidah
|
1.1 Menjelaskan prinsip-prinsip akidah
1.2 Menjelaskan metode-metode peningkatan kualitas akidah
1.3 Menerapkan prinsip-prinsip akidah dalam kehidupan
1.4 Menerapkan metode-metode peningkatan kualitas akidah
dalam kehidupan
|
2.
Memahami Tauhiid
|
2.1 Menjelaskan pengertian tauhiid dan
istilah-istilah lainnya
2.2 Menjelaskan macam-macam tauhiid (uluuhiyah,
rubuubiyah, mulkiyah, rahmaniyah dan lain-lain)
2.3 Menunjukkan perilaku orang yang ber-tauhiid
2.4 Menerapkan perilaku ber-tauhiid dalam kehidupan
sehari-hari
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.
Memahami
syirik dalam Islam
|
3.1 Menjelaskan pengertian syirik
3.2 Mengidentifikasi macam-macam syirik
3.3 Menunjukkan perilaku orang yang berbuat syirik
3.4 Menjelaskan akibat perbuatan syirik
3.5 Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarah
kepada perbuatan syirik dalam kehidupan sehari-hari
|
4.
Memahami
masalah akhlak dan metode peningkatan kualitas akhlak
|
4.1 Menjelaskan pengertian akhlak
4.2 Menjelaskan induk-induk akhlak terpuji dan induk-induk
akhlak tercela
4.3 Menjelaskan macam-macam metode peningkatan kualitas
akhlak
4.4 Menerapkan metode-metode peningkatan kualitas akhlak
dalam kehidupan
|
|
|
b.
Kelas X, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui sifat-sifatnya dalam al-asma'
al husna
|
1.1 Menguraikan 10 al-asma' al husna (al-Muqsith,
al-Waarits, an-Naafi’, al-Baasith, al-Hafiidz, al-Walii, al-Waduud,
ar-Raafi’, al-Mu’iz dan al-Afuww)
1.2 Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran
melalui sifat Allah dalam 10 Asmaul Husna (al-Muqsith, al-Waarits,
an-Naafi’, al-Baasith, al-Hafiidz, al-Walii, al-Waduud, ar-Raafi’, al-Mu’iz
dan al-Afuww)
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-asma'
al husna (al-‘Aziiz, al-Ghafuur, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uf,
al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) dalam kehidupan
sehari-hari
1.4 Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 al-asma'
al husna (al-Muqsith, al-Waarits, an-Naafi’, al-Baasith, al-Hafiidz,
al-Walii, al-Waduud, ar-Raafi’, al-Mu’iz dan al-Afuww) dalam kehidupan
sehari-hari
|
2
Membiasakan
perilaku terpuji
|
2.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnuzh-zhan
dan bertaubat
2.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku husnuzh-zhan
dan bertaubat
2.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari husnuzh-zhan
dan bertaubat dalam fenomena kehidupan
2.4 Membiasakan perilaku husnuzh-zhan dan bertaubat
|
3
Menghindari
perilaku tercela
|
3.1 Menjelaskan pengertian riya, aniaya dan diskriminasi
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan
riya, aniaya dan diskriminasi
3.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya,
aniaya, dan diskriminasi
3.4 Membiasakan diri menghindari hal-hal yang mengarah pada
perilaku riya, aniaya, dan diskriminasi
|
c. Kelas
XI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami
ilmu kalam
|
1.1
Menjelaskan
pengertian dan fungsi ilmu kalam
1.2
Menjelaskan
hubungan ilmu kalam dengan ilmu lainnya.
1.3
Menerapkan
ilmu kalam dalam mempertahankan akidah
|
2.
Memahami
aliran-aliran ilmu kalam dan tokoh-tokohnya.
|
2.1
Menjelaskan
aliran-aliran ilmu kalam, tokoh-tokoh dan pandangan-pandangannya (Khawarij,
Murji`ah, Syi`ah, Jabariyah, Qadariyah, Asy’ariyah, Al-Maturidiyah,
Mu`tazilah, dan lain-lain seperti teologi transformatif dan teologi
pembebasan)
2.2
Menganalisis
perbedaan antara aliran ilmu kalam yang satu dengan lainnya.
2.3
Menunjukkan
contoh-contoh perilaku orang yang beraliran tertentu dalam ilmu kalam.
2.4
Menghargai
terhadap aliran-aliran yang berbeda dalam kehidupan bermasyarakat
|
3.
Membiasakan
perilaku terpuji
|
3.1
Menjelaskan
pengertian dan pentingnya akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan
menerima tamu
3.2
Mengidentifikasi
bentuk akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
3.3
Menunjukkan
nilai-nilai positif dari akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan
menerima tamu dalam fenomena kehidupan
3.4
Membiasakan
akhlak berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan menerima tamu
|
4.
Menghindari
perilaku tercela
|
4.1
Menjelaskan
pengertian dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengkonsumsi
narkoba)
4.2
Mengidentifikasi
bentuk dan contoh-contoh dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri,
mengkonsumsi narkoba)
4.3
Menunjukkan
nilai-nilai negatif akibat perbuatan dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi,
zina, mencuri, mengkonsumsi narkoba)
4.4
Membiasakan
diri untuk menghindari perilaku dosa besar (mabuk-mabukan, berjudi, zina,
mencuri, mengkonsumsi narkoba)
|
|
|
d. Kelas XI, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami tasawuf
|
1.1 Menjelaskan pengertian, asal usul,
dan istilah-istilah dalam tasawuf
1.2 Menjelaskan fungsi dan peranan tasawuf
dalam kehidupan modern
1.3 Menunjukkan contoh-contoh perilaku
bertasawuf
1.4 Menerapkan tasawuf dalam kehidupan modern
|
4
Membiasakan
perilaku terpuji
|
2.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya
adil, rida, amal salih, persatuan dan kerukunan
2.1 Mengidentifikasi perilaku orang yang berbuat adil,
rida, amal salih, persatuan dan kerukunan
2.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari adil,
rida, amal salih, persatuan dan kerukunan dalam fenomena kehidupan
2.4 Membiasakan perilaku adil, rida, amal
salih, persatuan, dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
3
Membiasakan
perilaku terpuji
|
3.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji
dalam pergaulan remaja
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku
akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
3.3 Menunjukkan nilai negatif akibat perilaku pergaulan
remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan
3.3 Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam
kehidupan sehari-hari.
|
4
Menghindari
perilaku tercela
|
4.1 Menjelaskan pengertian israaf, tabdziir, dan fitnah
4.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan israaf,
tabdziir, dan fitnah
4.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan israaf,
tabdziir, dan fitnah
4.4
Membiasakan diri untuk menghindari perilaku israaf, tabdziir, dan fitnah
|
3.
Fikih
a. Kelas X, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami
prinsip-prinsip ibadah dan syari’at dalam Islam
|
1.1
Mengidentifikasi
prinsip-prinsip ibadah dalam Islam
1.2
Menjelaskan
tujuan (maqashid) syari’at Islam
1.3
Menunjukkan
perilaku orang yang berpegang pada prinsip-prinsip dan tujuan ibadah dan
syariah
1.4
Menerapkan
cara berpegang pada prinsip-prinsip dan tujuan ibadah dan syariah.
|
2.
Memahami
hukum Islam tentang zakat dan hikmahnya
|
2.1
Menjelaskan
ketentuan Islam tentang zakat dan hikmahnya
2.2
Menjelaskan
ketentuan perundang-undangan tentang zakat
2.3
Menunjukkan
contoh penerapan ketentuan zakat
2.4
Menerapkan
cara pelaksanaan zakat sesuai ketentuan perundang-undangan
|
3.
Memahami
hukum Islam tentang haji dan hikmahnya
|
3.1
Menjelaskan
ketentuan Islam tentang haji dan hikmahnya
3.2
Menjelaskan
ketentuan perundang-undangan tentang haji
3.3
Menunjukkan
contoh penerapan ketentuan haji
3.4
Mempraktikkan
pelaksanaan haji sesuai ketentuan perundang-undangan tentang haji
|
4.
Memahami
hikmah kurban dan akikah
|
4.1
Menjelaskan
tata cara pelaksanaan kurban dan hikmahnya
4.2
Menerapkan
cara pelaksanaan kurban
4.3
Menjelaskan
ketentuan akikah dan hikmahnya
4.4
Menerapkan
cara pelaksanaan akikah
|
5.
Memahami
ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah
|
5.1
Menjelaskan
tatacara pengurusan jenazah
5.2
Memperagakan
tatacara pengurusan jenazah
|
b. Kelas X, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
6.
Memahami
hukum Islam tentang kepemilikan
|
6.1
Mengidentifikasi
aturan Islam tentang kepemilikan
6.2
Menjelaskan
ketentuan Islam tentang akad
6.3
Memperagakan
aturan Islam tentang kepemilikan dan akad
|
7.
Memahami
konsep perekonomian dalam Islam dan hikmahnya
|
7.1
Menjelaskan
aturan Islam tentang jual beli dan hikmahnya
7.2
Menjelaskan
aturan Islam tentang khiyaar
7.3
Menjelaskan
aturan Islam tentang musaaqah, muzaara’ah dan mukhaabarah serta
hikmahnya
7.4
Menjelaskan
aturan Islam tentang syirkah dan hikmahnya
3.5 Menjelaskan aturan Islam tentang muraabahah,
mudhaarabah, dan salam
3.6 Menerapkan cara jual beli, khiyaar, musaaqah,
muzaara’ah, mukhaabarah, syirkah, muraabahah, mudhaarabah, dan salam
|
8.
Memahami
hukum Islam tentang pelepasan dan perubahan harta beserta hikmahnya
|
8.1
Menjelaskan
ketentuan Islam tentang wakaf beserta hikmah pelaksanaannya
8.2
Menjelaskan
ketentuan Islam tentang hibah dan hikmah pelaksanaannya
8.3
Menjelaskan
ketentuan Islam tentang sadakah beserta hikmah pelaksanaannya
8.4
Menjelaskan
ketentuan Islam tentang hadiah beserta hikmah pelaksanaannya
8.5
Menerapkan
cara pelaksanaan wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
|
9.
Memahami
hukum Islam tentang wakalah dan sulhu beserta hikmahnya
|
9.1
Menjelaskan
ketentuan Islam tentang wakaalah dan hikmahnya
9.2
Menjelaskan
ketentuan Islam tentang sulhu dan hikmahnya
9.3
Menerapkan
cara wakaalah dan sulhu
|
10
Memahami
hukum Islam tentang daman dan kafalah beserta hikmahnya
|
10.1
Menjelaskan
ketentuan Islam tentang dlaman dan hikmahnya
10.2
Menjelaskan
ketentuan Islam tentang kafaalah dan hikmahnya
10.3
Menerapkan
cara dlaman dan kafalah
|
11
Memahami
riba, bank, dan asuransi
|
11.1
Menjelaskan
hukum riba, bank, dan asuransi
11.2
Menerapkan
ketentuan Islam tentang riba, bank, dan asuransi
|
c.
Kelas XI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami ketentuan Islam tentang jinayah dan
hikmahnya
|
1.1 Menjelaskan
hukum pembunuhan dan hikmahnya
1.2 Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang qishash
dan hikmahnya
1.3 Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang diyat
dan kafaarat beserta hikmahnya
1.4 Menunjukkan contoh-contoh qishash, diyaat dan kafaarat
dalam hukum Islam
|
2.
Memahami ketentuan Islam tentang Huudud
dan hikmahnya
|
2.1 Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang zina dan qadzaf
beserta hikmahnya
2.2 Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang minuman keras
beserta hikmahnya
2.3 Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang mencuri,
menyamun dan merampok beserta hikmahnya
2.4 Menjelaskan ketentuan hukum Islam tentang bughat beserta
hikmahnya
|
3.
Memahami ketentuan Islam tentang peradilan
dan hikmahnya
|
3.1 Menjelaskan proses peradilan dalam Islam
3.2 Mengidentifikasi ketentuan tentang hakim dan saksi
dalam peradilan Islam
|
d. Kelas XI, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami hukum Islam tentang hukum keluarga
|
1.1 Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam dan
hikmahnya
1.2 Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut
perundang-undangan di Indonesia
1.3 Menjelaskan konsep Islam tentang talak, perceraian,
iddah, ruju`, dan hikmahnya
1.4 Menjelaskan ketentuan Islam tentang pengasuhan anak (hadhaanah)
|
2
Memahami
hukum Islam tentang waris
|
2.1 Menjelaskan
ketentuan hukum waris dalam Islam
2.2 Menjelaskan keterkaitan waris dengan wasiat
2.3 Menunjukkan contoh cara pelaksanaan waris dan wasiat
|
e.
Kelas XII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami ketentuan Islam tentang siyasah
syar’iyah
|
1.1 Menjelaskan ketentuan Islam tentang pemerintahan (khilaafah)
1.2 Menjelaskan majelis syura dalam Islam
|
2.
Memahami sumber hukum Islam
|
4.5 Menjelaskan sumber hukum yang disepakati dan yang tidak
disepakati ulama
4.6 Menunjukkan penerapan sumber hukum yang disepakati dan
yang tidak disepakati ulama
4.7 Menjelaskan pengertian, fungsi, dan kedudukan ijtihad
|
|
|
f. Kelas
XII, Semester 2
|
|
1. Memahami
hukum- hukum syar’i
|
1.1
Menjelaskan
hukum taklifi dan penerapannya
dalam Islam
1.2 Menjelaskan hukum wadh’i
dan penerapannya dalam Islam
1.3 Menjelaskan mahkum bihi (fihi)
1.4 Menjelaskan mahkum ’alaih
|
2.
Memahami
kaidah-
kaidah usul fikih
|
2.1
Menjelaskan
macam-macam kaidah usul fikih
2.2
Menerapkan
macam-macam kaidah usul fikih
|
4. Sejarah
Kebudayaan Islam
a. Kelas XII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami
keteladanan dakwah
Rasulullah
dalam membina umat
|
1.1 Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode
Makkah dan Madinah
1.2 Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW pada periode Makkah dan Madinah
1.3 Mengidentifikasi hasil-hasil perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada
periode Makkah dan Madinah
1.4 Mengambil ibrah dari perjuangan Rasullullah SAW dalam dakwah Islam pada
periode Makkah dan Madinah untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang.
|
2. Memahami masalah
kepemimpinan umat Islam pasca Nabi wafat
|
2.1 Menceritakan proses dan model pemilihan kepemimpinan
pada masa Khulafaaurraasyidiin
2.2 Mendeskripsikan strategi kepemimpinan Khulafaaurraasyidiin
2.3 Mengambil ibrah
dari kepemimpinan Khulafaaurraasyidiin untuk kepentingan masa kini dan
yang akan datang
|
3. Memahami
perkembangan Islam periode klasik (zaman keemasan) pada tahun 650 M – 1250 M
|
3.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada periode klasik
3.3 Mengambil ibrah dari perkembangan Islam pada
periode klasik untuk kepentingan masa kini dan yang akan datang
3.4 Meneladani tokoh-tokoh yang berprestasi dalam
perkembangan Islam pada periode klasik
|
4. Memahami perkembangan Islam pada periode
pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800 M)
|
4.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan
4.2 Menceritakan sebab-sebab kemunduran Islam pada abad
pertengahan
4.3 Mengambil ibrah dari peristiwa perkembangan
Islam pada periode pertengahan untuk kepentingan masa kini dan yang akan
datang
|
|
|
b. Kelas XII, Semester 2
|
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Memahami
perkembangan Islam pada masa modern /zaman kebangkitan (1800-sekarang)
|
Menjelaskan
perkembangan Islam pada masa modern
Mengidentifikasi
peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam
perkembangan Islam pada masa modern
Mengambil ibrah
dari peristiwa perkembangan Islam pada masa modern
Meneladani
tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam pada masa modern
|
2.
Memahami
perkembangan Islam di Indonesia
|
Menjelaskan
perkembangan Islam di Indonesia
Mengidentifikasi
peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam
perkembangan Islam di Indonesia
Mengambil ibrah
dari peristiwa perkembangan Islam di Indonesia
Meneladani
tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di Indonesia
|
3.
Memahami perkembangan Islam di dunia
|
Menjelaskan
perkembangan Islam di dunia
Mengidentifikasi
peristiwa-peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang berprestasi dalam
perkembangan Islam di dunia
Mengambil ibrah
dari peristiwa perkembangan Islam di dunia
Meneladani
tokoh-tokoh yang berprestasi dalam perkembangan Islam di dunia
|
3.
Bahasa Arab
a. Kelas X, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menyimak
1.
Memahami
informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan
kehidupan keluarga
|
1.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran
(kata, frase atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat tentang التعارف
dan الحياة العائلية
1.2
Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai
bentuk wacana lisan secara tepat tentang التعارف dan الحياة العائلية
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan
informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan
kehidupan keluarga
|
2.1
Menyampaikan
gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat tentang التعارف dan
الحياة
العائلية
2.2
Melakukan
dialog sesuai konteks dengan tepat dan
lancar tentang التعارف
dan الحياة العائلية
|
Membaca
3.
Memahami
wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan
keluarga
|
3.1
Melafalkan
dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar tentang
perkenalan dan kehidupan keluarga
3.2
Mengidentifikasi
bentuk dan tema wacana secara tepat tentang perkenalan dan kehidupan keluarga
3.3
Menemukan
makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang
perkenalan dan kehidupan keluarga
|
Menulis
4.
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan
dan kehidupan keluarga
|
4.1
Menulis
kata, frasa,dan kalimat dengan huruf,
ejaan dan tanda baca yang tepat tentang perkenalan dan kehidupan keluarga
4.2
Mengungkapkan
gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata,
frasa, dan struktur yang benar tentang perkenalan dan kehidupan keluarga
|
|
Keterangan
Tema-tema
tersebut menggunakan bentuk kata النكرة والمعرفة dan struktur kalimat المبتدأ والخبر
|
b. Kelas X,
Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menyimak
1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog
tentang hobi dan pekerjaan
|
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau
kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang hobi dan pekerjaan
1.2
Menangkap
makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang hobi dan pekerjaan
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan
informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan
pekerjaan
|
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan
lafal yang tepat tentang hobi dan pekerjaan
2.2
Menyampaikan
gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat
tentang hobi dan pekerjaan
2.3
Melakukan
dialog sesuai konteks dengan tepat dan
lancar tentang hobi dan pekerjaan
|
Membaca
3.
Memahami wacana tertulis berbentuk paparan atau
dialog tentang hobi dan pekerjaan
|
3.1 Melafalkan atau membaca nyaring kata, kalimat dan
wacana tulis secara tepat dan benar tentang hobi dan pekerjaan
3.2
Mengidentifikasi
bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar tentang hobi dan pekerjaan
3.3
Menemukan
makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang hobi dan
pekerjaan
|
Menulis
4.
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan
pekerjaan
|
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang
tepat dan benar tentang hobi dan pekerjaan
4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis
dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang
hobi dan pekerjaan
|
|
Keterangan
Tema-tema
tersebut menggunakan struktur kalimat بعض حروف الجر ومعانيها الكثيرة الورود
dan العطف
|
c. Kelas XI,
Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menyimak
1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog
tentang remaja dan kesehatan
|
1.1
Mengidentifikasi
bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat
tentang remaja dan kesehatan
1.2
Menangkap
makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang remaja dan kesehatan
|
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan
atau dialog tentang remaja dan
kesehatan
|
2.1
Menyampaikan
gagasan atau pendapat secara lisan tentang remaja dengan lafal yang tepat
tentang remaja dan kesehatan
2.2
Menyampaikan
gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat tentang remaja
dan kesehatan
2.3
Melakukan
dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang remaja dan kesehatan
|
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog
tentang remaja dan kesehatan
|
3.1
Melafalkan
dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar tentang
remaja dan kesehatan
3.2
Mengidentifikasi
bentuk dan tema wacana secara tepat tentang remaja dan kesehatan
3.3
Menemukan
makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang remaja dan kesehatan
|
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk
paparan atau dialog tentang remaja dan
kesehatan
|
4.1
Menulis
kata, frasa,dan kalimat dengan huruf,
ejaan dan tanda baca yang tepat tentang remaja dan kesehatan
4.2
Mengungkapkan
gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata,
frasa, dan struktur yang benar tentang remaja dan kesehatan
|
|
Keterangan
Tema-tema tersebut
menggunakan struktur kalimat النعت والمنعوت dan الإضافة
|
d. Kelas XI,
Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menyimak
1.
Memahami
informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang fasilitas umum dan
pariwisata
|
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau
kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang fasilitas umum dan
pariwisata
1.2
Menangkap
makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat tentang fasilitas umum dan pariwisata
|
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan
atau dialog tentang fasilitas umum dan pariwisata
|
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai
konteks dengan lafal yang tepat tentang fasilitas umum dan pariwisata
2.2
Melakukan
dialog sesuai konteks dengan tepat dan
lancar tentang fasilitas umum dan pariwisata
|
Membaca
3.
Memahami
wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang fasilitas umum dan
pariwisata
|
3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana
tulis secara tepat dan benar tentang fasilitas umum dan pariwisata
3.2
Mengidentifikasi
bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar tentang fasilitas umum dan
pariwisata
3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana secara
tepat tentang fasilitas umum dan pariwisata
|
Menulis
4.
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang fasilitas
umum dan pariwisata
|
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang
tepat dan benar tentang fasilitas umum dan pariwisata
4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis
dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang
fasilitas umum dan pariwisata
|
|
Keterangan
Tema-tema tersebut di atas
menggunakan struktur kalimat
جملة فعلية
|
e.Kelas XII,
Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menyimak
1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog
tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam
|
1.1 Mengidentifikasi
bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat
) dalam suatu konteks dengan tepat tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam
1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai
bentuk wacana lisan secara tepat
tentang kebudayaan
dan tokoh-tokoh Islam
|
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan
atau dialog tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam
|
2.1.
Menyampaikan
gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat tentang
kebudayaan
dan tokoh-tokoh Islam
2.2.
Melakukan
dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang kebudayaan
dan tokoh-tokoh Islam
|
Membaca
3.
Memahami
wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh
Islam
|
3.1.
Melafalkan
dan membaca nyaring kata, kalimat, dan wacana tulis dengan benar tentang Kebudayaan
dan tokoh-tokoh Islam
3.2.
Mengidentifikasi
bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar tentang Kebudayaan dan
tokoh-tokoh Islam
3.3.
Menemukan
makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat tentang Kebudayaan dan
tokoh-tokoh Islam
|
Menulis
4.
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Kebudayaan
dan tokoh-tokoh Islam
|
4.1.
Menulis
kata, frasa,dan kalimat dengan huruf,
ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar tentang Kebudayaan dan tokoh-tokoh
Islam
4.2.
Mengungkapkan
gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata,
frasa, dan struktur yang benar tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh
Islam
|
|
Keterangan
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat الفعل المضارع المنصوب dan الفعل المضارع المجزوم
|
f. Kelas
XII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menyimak
1.
Memahami
informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hari-hari besar Islam dan
kisah-kisah Islami
|
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau
kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat tentang hari-hari besar Islam dan
kisah-kisah Islami
1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai
bentuk wacana lisan tentang wawasan Islam secara tepat tentang hari-hari besar Islam dan
kisah-kisah Islami
|
Berbicara
2
Mengungkapkan
informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hari-hari besar
Islam dan kisah-kisah Islami
|
2.1
Menyampaikan
gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat tentang
hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami
2.2 Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan
lancar tentang hari-hari besar Islam
dan kisah-kisah Islami
|
Membaca
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan
atau dialog tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami
|
3.1 Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana
tulis dengan tepat dan benar tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah
Islami
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat
dan benar tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami
3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis
dengan tepat tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami
|
Menulis
4.
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang hari-hari
besar Islam dan kisah-kisah Islami
|
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang
tepat dan benar tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah Islami
4.2
Mengungkapkan
gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata,
frasa, dan struktur yang benar tentang hari-hari besar Islam dan kisah-kisah
Islami
|
|
Keterangan
Tema-tema menggunakan
struktur kalimat
رفع الأسماء dan نصب الأسماء
|
6. Bahasa
Arab (Program Bahasa)
a. Kelas XI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menyimak
1.
Memahami
informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang identitas diri dan
kehidupan madrasah
|
1.1
Mengidentifikasi
bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat
1.2
Menangkap
makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan
informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang identitas diri
dan kehidupan madrasah
|
2.1
Menyampaikan
gagasan atau pendapat secara lisan tentang remaja dengan lafal yang tepat
2.2
Menyampaikan
gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat
2.3
Melakukan
dialog sesuai konteks dengan tepat dan
lancar
|
Membaca
3.
Memahami
wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang identitas diri dan
kehidupan madrasah
|
3.1
Melafalkan
dan membaca nyaring kata, kalimat, dan wacana tulis dengan benar
3.2
Mengidentifikasi
bentuk dan tema wacana secara tepat
3.3
Menemukan
makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat
|
Menulis
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk
paparan atau dialog tentang identitas diri dan kehidupan madrasah
|
4.1
Menulis
kata, frasa,dan kalimat dengan huruf,
ejaan dan tanda baca yang tepat
4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis
dalam kalimat dengan menggunakan
kata, frasa, dan struktur yang benar
|
b. Kelas XI, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menyimak
1. Memahami informasi lisan
berbentuk paparan atau dialog tentang kehidupan keluarga dan kehidupan
sehari-hari
|
1.2 Mengidentifikasi
bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat
1.3 Menangkap makna
dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat
|
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan
atau dialog tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari
|
2.1
Menyampaikan
gagasan atau pendapat secara
lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat
2.2 Melakukan dialog
sesuai konteks dengan tepat dan lancar
|
Membaca
3.
Memahami
wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang kehidupan keluarga dan
kehidupan sehari-hari
|
3.1
Melafalkan
dan membaca nyaring kata, kalimat, dan wacana tulis secara tepat dan benar
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat
dan benar
3.3 Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana secara
tepat
|
Menulis
4.
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang kehidupan
keluarga dan kehidupan sehari-hari
|
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar
4.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis
dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar
|
c. Kelas XII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menyimak
1. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog
tentang hobi dan wisata
|
1.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran
(kata,
frasa atau
kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat
1.2 Menangkap makna dan gagasan atau
ide dari berbagai
bentuk wacana lisan secara tepat
|
Berbicara
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan
atau dialog tentang hobi dan wisata
|
2.1
Menyampaikan
gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat
2.2
Melakukan
dialog sesuai konteks dengan tepat dan
lancar
|
Membaca
3.
Memahami
wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang kebudayaan
dan tokoh-tokoh Islam
|
3.1 Melafalkan dan membaca nyaring
kata,
kalimat dan wacana tulis
dengan
benar
3.3 Mengidentifikasi bentuk dan tema
wacana
secara tepat dan benar
3.4 Menemukan makna dan gagasan
atau
ide wacana tulis secara tepat
|
Menulis
4.
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang kebudayaan
dan tokoh-tokoh Islam
|
4.1 Menulis
kata, frasa, dan kalimat dengan huruf, Ejaan, dan tanda baca yang tepat dan
benar
4.2
Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis
dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar
|
e. Kelas XII, Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Mendengarkan
1.
Memahami
wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Pekerjaan
|
1.1 Mengidentifikasi
bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan
mencocokkan
dan
membedakan secara tepat
1.2
Memperoleh
informasi umum dan/atau rinci dari berbagai
bentuk wacana lisan sederhana secara tepat
|
Berbicara
2
Mengungkapkan
informasi sederhana secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang
Pekerjaan
|
2.1
Menyampaikan
berbagai informasi lisan dengan lafal dalam kalimat sederhana sesuai konteks
yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
2.2
Melakukan
dialog sederhana dengan lancar yang
mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
|
Membaca
3
Memahami
wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Pekerjaan
|
3.1 Membaca
nyaring kata, frasa, dan kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat
3.2
Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana sederhana secara
tepat
3.3 Memperoleh
berbagai informasi umum dan/atau rinci
dari wacana tulis sederhana secara tepat
dengan
mencari kata kunci, informasi umum atau rinci
|
Menulis
4
Mengungkapkan
informasi sederhana secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang
Pekerjaan
|
4.1 Menulis
kata, frasa, dan kalimat dengan tepat
4.2
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai
konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata atau frasa dalam kalimat
dengan struktur dan tanda baca yang tepat
4.3
Mengungkapkan pendapat dan perasaan secara tertulis dengan lancar yang
mencerminkan kecakapan menulis dengan tepat
|
Catatan:
Ketiadaan
rumusan “bentuk kata dan struktur kalimat” yang menyertai SK dan KD pada MA
Program Bahasa disebabkan karena program ini berdasar atas “silabus situasi” (منهج المواقف), berbeda dengan MI, MTs, dan
MA yang
menganut model silabus gramatika (منهج القواعد).
E. Arah
Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian
perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Komentar
Posting Komentar