Manfaat Saga Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Manfaat Saga Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya - Saga atau Abrus precatorius adalah tanaman merambat yang biasa tumbuh liar. Daun majemuknya menyirip ganjil dan kecil-kecil. Buah polongnya kecil-kecil lonjong, berwarna merah hitam dan keras. Daunnya terasa kemanisan-manisan. Karena itu ia juga disebut saga manis.
Ada saga yang berbeda, yaitu saga pohon atau saga hutan (Adenanthera pavonina L.) yang buah polongnya tidak ada bintik hitamnya, melainkan merah semua. Daunnya tidak berkhasiat untuk obat. Bijinya biasa diasah supaya pipih dan dironce untuk kalung.
Suku: Papilionaceae
Kandungan & Manfaat: Daun dan akrnya yang mengandung glisirrhizin dan prekatorina berkhasiat antiradang dan melancarkan air seni. Daunnya antibatuk, juga baik untuk sariawan dan radang tonsil. Tapi, bijinya yang bagus merah hitam itu mengandung abrin yang beracun sehingga anak-anak harus diberi tahu agar jangan memakannya. Racun itu hilang kalau biji dimasak. Bijinya berguna untuk antiradang dan antiparasit.

Khasiat Saga Untuk Kesehatan Serta Cara Pengolahannya

saga tanaman manfaat daun bunga khasiat kesehatan cara mengolah pengolahan serta

Manfaat Saga Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Kegunaan Saga Untuk Kesehatan Serta Cara Pengolahannya:

  1. Menyembuhkan Sariawan Alami:

    Cara I: 1 gelas daun saga segar dicuci, direbus dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. DIminum siang hari sedikit-sedikit.
    Cara II: Daunnya dikeringkan, lalu dibalut dengan daun kawung kering dan disulut seperti rokok, sehingga menjadi abu. Abunya ditutulkan ke bibir/lidah yang sariawan.
    Cara III: Segelas daun saga segar dicuci, diseduh dengan 2 gelas air seperti membuat seperti teh. Saring dan minum. Bisa juga unutk kumur-kumur. Ramuan ini juga bisa untuk mengobati serak dan amandel yang membengkak.
     /
  2. Menyembuhkan Batuk Pada Anak-Anak:

    Cara I: Segelas daun saga beserta tangkainya, 1 bawang merah dikupas, 1 sendok teh rata adas manis, 2 ruas jari kayu pulasari. Semua dicuci, lalu direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Tambahi gula batu supaya rasanya enak. Saring dan minum menjelang tidur. Diulangi sampai sembuh.
    Cara II: 1/2 gelas daun saga, 1/2 gelas daun asam, sepotong kayu manis Cina, dicuci, direbus bersama segelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Airnya diminum sekaligus 1x sehari. Ulangi sampai sembuh.
    /
  3. Mengencerkan Dahak Alami:

    Segelas daun saga beserta tangkainya dicuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Ramuan ini cukup untuk 3x minum selama sehari. Ulangi selama beberapa hari.
    /
  4. Menyembuhkan Amandel Alami:

    Segenggam akar saga dicuci bersih, potong-potong. Sepotong kayu manis Cina berukuran 5 cm dicuci. Rebus dengan 4 gelas air sehingga. Saring. Airnya cukup untuk diminum 2x sehari. Ulangi sampai sembuh.
     /
  5. Menghilangkan Panas Perut:

    Ramuan seperti resep no. 3.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Naskah Khutbah 'Idul Adha

Contoh Surat Perintah Kerja (SPK)

RENCANA KERJA MADRASAH